Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Menanamkan Disiplin Shalat Berjamaah Siswa Di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung

Pohan, Eva Gustina (2021) Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Menanamkan Disiplin Shalat Berjamaah Siswa Di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EVA POHAN finish.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan shalat berjamaah siswa di MTs Al-Jam‟iyatulWasliyah Tembung, 2) Strategi guru bimbingan konseling dalam menanamkan disiplin shalat berjamaah siswa di MTs Al-Jam‟iyatulWashliyah Tembung, 3) Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh guru bimbingan konseling dalam menanamkan disiplin shalat berjamaah siswa di MTs Al-Jam‟iyatulWashliyah Tembung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Wakil kepala sekolah, Guru BK dan Siswa. Hasil penelitain yang diperoleh menunjukkan bahwa Pelaksanaan shalat berjamaah di MTs Al- Jam‟iyatulWasliyah Tembung sudah berjalan sepenuhnya tetapi memang masih ada beberapa kendala seperti masih ada siswa yang tidak disiplin. Adapun strategi guru bimbingan konseling dalam menanamkan disiplin shalat berjamaah siswa adalah menggunakan 1) adanya pembiasaan pelaksanaan shalat zuhur berjamaah secara kontinyu. 2) keteladanan(uswah), semua guru menjadi figuretauladan 3) koreksi dan pengawasan, 4) melalui iqob (Hukuman). Dan faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi guru bimbingan konseling dalam menanamkan disiplin shalat berjamaah siswa di MTs Al-Jam‟iyatulWashliyah Tembung, yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurang keseimbangan antara lingkungan sekolah dan keluarga. Dan adapun faktor pendukungnya antara lain adanya visi dan misi sekolah mengenai terwujudnya insan yang religius, adanya kerjasama antara guru BK, wakil kepala sekolah dan guru-guru mapel. Adanya buku penghubung dan adanya tata tertib sekolah yang ditindak lanjuti, adanya sanksi pelanggaran dengan tegas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Bimbingan Konseling, Disiplin Shalat Berjamaah
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Aug 2021 05:17
Last Modified: 13 Aug 2021 05:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12038

Actions (login required)

View Item View Item