Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konversi Lahan Pangan Padi Menjadi Lahan Perkebunan Kelapa Sawit Di Kabupaten Labuhanbatu

Tanjung, Aprina (2020) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konversi Lahan Pangan Padi Menjadi Lahan Perkebunan Kelapa Sawit Di Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI APRINA TJG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah banyaknya petani padi yang mengalihfungsikan lahan mereka menjadi perkebunan kelapa sawit dikarenakan tingginya penghasilan dari lahan kelapa sawit. Namun efek yang diberikan dari konversi lahan tersebut ialah terganggunya ketahanan pangan dan meningkatnya impor beras akibat dari kurangnya jumlah produksi beras dan meningkatnya biaya produksi padi di Kabupaten Labuhanbatu. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Apakah ada pengaruh luas lahan terhadap konversi lahan pangan padi di Kabupaten Labuhanbatu?, Apakah ada pengaruh biaya produksi terhadap konversi lahan pangan padi di Kabupaten Labuhanbatu?, Apakah ada pengaruh pendapatan terhadap konversi lahan pangan padi di Kabupaten Labuhanbatu? Dan Apakah ada pengaruh Luas Lahan, Biaya Produksi dan Pendapatan terhadap konversi lahan di Kabupaten Labuhanbatu?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui bagaimana perkembagan konversi lahan pangan padi menjadi lahan perkebunan kelapa sawit dan berkaitan keamanan pangan, Faktor-faktor apa saja yang membuat para petani sehingga petani melakukan konversi terhadap lahan pangan padi mejadi perkebunan kelapa sawit dan Untuk mengetahui pengaruh pendapatan, biaya produksi dan faktor sosial terhadap konversi lahan pangan padi di Kab.Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada Petani Padi yang mengkonversi lahan menjadi perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Labuhanbatu. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 orang Petani Padi Padi yang mengkonversi lahan menjadi perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Labuhanbatu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan pengukuran Skala Likert. Data di proses melalui program SPSS Versi 22,0 dengan teknis analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Luas Lahan, Biaya Produksi dan Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan Konversi Lahan di Kabupaten Labuhanbatu. Dari hasil uji t membuktikan bahwa secara parsial variabel luas lahan, biaya produksi dan pendapatan berpengaruh terhadap konversi lahan. Kemudian dari hasil nilai f-hitung lebih besar dari pada f-tabel yaitu (20,849 > 2,47) dengan nilai signifikan 0,000< 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa luas lahan, biaya produksi dan pendapatan mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara persial maupun secara simultan terhadap konversi lahan petani padi di Kabupaten Labuhanbatu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:46
Last Modified: 13 Aug 2021 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12034

Actions (login required)

View Item View Item