Hubungan Faktor Lingkungan Fisik Dan Tindakan Masyarakat Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Sering

Fitria, Risa (2021) Hubungan Faktor Lingkungan Fisik Dan Tindakan Masyarakat Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Sering. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RISA FITRIA REPOSITORY.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penyakit menular DBD setiap tahunnya mengalami peningkatan karena persebarannya semakin meluas ke seluruh dunia. Pada tahun 2019 terjadi peningkatan kasus dengan IR 51,4/100.000 penduduk dan kematian terendah CFR 0,70% dibandingkan tahun sebelumnya. Jenis penelitian yaitu observasional analitik dengan desain case control. Jumlah sampel sebanyak 35 kasus dan 35 kontrol yang ditentukan dengan teknik matched case control study umur dan jenis kelamin. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan melihat odds ratio, dan analisis regresi logistik berganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 5 variabel yang berhubungan secara signifikan dengan kejadian DBD diantaranya suhu ruangan, pencahayaan ruangan, keberadaan jentik ditempat penampungan air, tindakan menggantung pakaian, dan tindakan membersihkan tempat penampungan air. Sedangkan 3 variabel lain tidak berhubungan secara signifikan dengan kejadian DBD yaitu kelembaban ruangan, tindakan menggunakan obat anti nyamuk, dan tindakan memasang kawat kasa pada ventilasi. Berdasarkan hasil uji multivariat ditemukan bahwa tindakan menggantung pakaian menjadi faktor risiko yang paling dominan untuk menyebabkan kejadian Demam Berdarah Dengue. Kemudian variabel suhu udara ruangan menjadi faktor konfounding hubungan faktor lingkungan fisik dengan kejadian DBD. Oleh karena itu diharapkan kepada puskesmas setempat memberikan sosialisasi dan memberikan bantuan lampu yang sesuai syarat kesehatan, serta menyarankan masyarakat agar dapat menerapkan tindakan sehari-hari yang mencerminkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 10 Aug 2021 04:11
Last Modified: 10 Aug 2021 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12024

Actions (login required)

View Item View Item