Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Kecanduan Menonton Pornografi di SMK Al-Washliyah Tebingtinggi

Nasution, Muhammad Azhari (2021) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Kecanduan Menonton Pornografi di SMK Al-Washliyah Tebingtinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD AZHARI NST-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pornografi adalah berbagai bentuk atau yang secara visual menghadirkan manusia atau hewan yang melakukan tindakan seksual, baik secara normal maupun abnormal yang dapat merangasang hasrat seksual pada diri manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apa saja yang telah dilakukan guru BK untuk mengatasi siswa kecanduan menonton pornografi di SMK Al- Washliyah Tebingtinggi? 2. Apa saja faktor pendukung guru BK dalam mengatasi siswa kecanduan menonton pornografi di SMK Al-Washliyah Tebingtinggi? 3. Apa saja faktor penghambat guru BK dalam mengatasi siswa kecanduan menonton pornografi di SMK Al-Washliyah Tebingtinggi? Jenis penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan menggunakan subyek yang disebut Informan yaitu kepala sekolah, guru BK, dan siswa SMK Al- Washliyah yang ditentukan dengan menggunakan pemilihan responden secara sengaja. Sumber data primer adalah guru BK, kepala sekolah, dan siswa. Sumber data sekunder adalah buku-buku atau hasil penelitian terdahulu yang dapat memberikan informasi terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1. yang dilakukan guru BK dalam mengatasi siswa yang mengalami kecanduan menonton pornografi adalah dengan memberikan layanan orientasi, informasi, bimbingan kelompok, konseling kelompok, serta layanan individu. 2. Faktor pendukung bagi guru BK dalam melaksanakan perannya untuk mengatasi siswa yang selama ini mengalami kecanduan menonton pornografi adalah setiap siswa telah memiliki HP, adanya keterbukaan dari siswa, ruangan BK yang sudah memadai, adanya kerjasama dengan masyarakat lingkungan sekolah, serta dukungan dari wali kelas dan guru- guru mata pelajaran. 3. Faktor penghambat adalah kontrol masyarakat di lingkungan tempat tinggal siswa dan kurangnya dukungan dari orangtua siswa serta belajar dengan sistem daring.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Pornografi
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Aug 2021 05:26
Last Modified: 06 Aug 2021 05:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12013

Actions (login required)

View Item View Item