Analisis Peranan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Studi Kasus Pada BMT Nurul Iman Madani Aek Nabara, Labuhanbatu

Ritonga, Ardi Saputra (2021) Analisis Peranan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Studi Kasus Pada BMT Nurul Iman Madani Aek Nabara, Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi ARDI SAPUTRA RITONGA pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Membahas tentang Peran BMT Nurul Iman Madani dalam pegembangan usaha mikro kecil dan menengah di Aek Nabara. Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah memiliki hubungan yang sangat erat dengan masyarakat miskin yang merupakan pelaku utama usaha tersebut. BMT Nurul Iman Madani sebagai salah satu Lembaga keuangan syariah hadir sebagai wujud perkembangan aspirasi masyarakat yang menginginkan kegiatan perekonomian dengan berdasarkan prinsip syariah, dapat mengeluarkan masyarakat kecil dari kemiskinan dan dari jeratan rentenir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang Peran BMT Nurul Iman Madani dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Aek Nabara. Penelitian ini berlokasi di BMT Nurul Iman Aek Nabara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik observasi, dan wawancara. Obeservasi dan wawancara yang dilakukan peneliti yang terlibat langsung dengan BMT Nurul Iman Madani dan Nasabah usaha mikro kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran BMT Nurul Iman Madani dalam pengembangan usaha mikro kecil di Aek Nabara sudah maksimal, hal ini dibuktikkan dengan dibukanya lapangan pekerjaan diberbagai sektor untuk menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat kecil atau kurang mampu.. Dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan mempermudah pelayanan pembiayaan di BMT Nurul Iman Madani maka dapat mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Nasabah BMT Nurul Iman madani.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 05 Aug 2021 05:00
Last Modified: 05 Aug 2021 05:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12002

Actions (login required)

View Item View Item