Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Dharma Wanita Medan

Marziq, Izzudin (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Dharma Wanita Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS S2 IZZUDDIN MARZIQ.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian ini adalah siswa kelas Sekolah Dasar Dharma Waita Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dipilih teknik cluster random sampling dalam hal ini diambil satu strategi pembelajaran simulasi dan satu kelas diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes hasil belajar. Teknik oleh analisis varians (Anava) pada = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, hal ini dibuktikan dengan harga Fhitung 7,66 > Ftabel 3,984. Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi secara keseluruhan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa Sekolah Dasar Dharma Wanita Medanyang diajar dengan metode pembelajaran ceramah, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, hal ini dibuktikan dengan harga Fhitung 7,66 > Ftabel 3,984. Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa Sekolah Dasar Dharma Wanita Medan dengan motivasi belajar tinggi yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi maupun metode pembelajaran ceramah lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah, dan (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar, hal ini dibuktikan dengan harga Fhitung 35,48 > Ftabel 3,984.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Metode Pembelajaran, Sekolah Dasar Dharma Wanita Medan
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 05 Aug 2021 04:16
Last Modified: 05 Aug 2021 04:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11997

Actions (login required)

View Item View Item