Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Pencapaian Program Promotif Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Darussalam Medan Tahun 2020

Masyuroh, Sazwina (2021) Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Pencapaian Program Promotif Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Darussalam Medan Tahun 2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi_sawinamasyuroh.. DONEE.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

World Health Organisation (WHO) target ASI Eksklusif hanya mencapai 38% maka angka tersebut masih jauh dari target yang diinginkan hanya sebesar 50%. Berdasarkan data WHO Negara Indonesia menduduki peringkat ke 3 terbawah dari 51 negara di dunia yang mengikuti penilaian status kebijakan dan program pemberian makan bayi dan anak, meskipun 96% perempuan Indonesia menyusui anak mereka namun hanya 42% dari bayi yang berusia di bawah 6 bulan yang mendapatkan ASI Eksklusif. Pada saat anak-anak mendekati ulang tahun kedua hanya 55 % yang masih diberi ASI. Hal ini menunjukkan pemberian ASI sebagai makanan pertama bayi masih kurang. Padahal, anak bergizi kurang hingga buruk dan tumbuh pendek dapat dicegah sedini mungkin dengan pemberian ASI Eksklusif dan MPASI yang benar.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 137 orang ibu. Alat atau instrument yang digunakan yaitu kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya hubungan antara Fasilitas dengan Pencapaian Program Promotif Pemberian ASI Esksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Darussalam Medan Tahun 2020 dan Ada hubungan yang signifikan antara Keterjangkauan Sumber Daya dengan Pencapaian Program Promotif Pemberian ASI Esksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Darussalam Medan Tahun 2020. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat adanya hubungan antara Fasilitas dan Keterjangkauan Sumber Daya dengan Pencapaian Program Promotif Pemberian ASI Esksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Darussalam Medan Tahun 2020. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar kerjasama melakukan promosi kesehatan tentang pentingnya memberikan ASI eksklusif bagi bayi untuk mengacu pada sepuluh langkah menuju keberhasilan menyusui.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Fasilitas, Keterjangkauan Sumber Daya, Kinerja Petugas, ASI Eksklusif
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:44
Last Modified: 04 Aug 2021 07:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11991

Actions (login required)

View Item View Item