Konsep Ketuhanan dalam Paham Pemena (Studi Kasus di Desa Tiga Binanga Kabupeten Karo)

Pravita, Reny (2020) Konsep Ketuhanan dalam Paham Pemena (Studi Kasus di Desa Tiga Binanga Kabupeten Karo). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Reny.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Paham Pemena merupakan kepercayaan milik suku Karo, lebih dikenal dengan sebutan agama perbegu. Namun banyak masyarakat beranggapan bahwa paham Pemena ini adalah aliran pemuja setan (Perbegu). Informasi yang mengatakan bahwa paham Pemena erat kaitannya dengan roh jahat/setan, makna ini sudah terdengar akrab ditelinga kaum penganut paham Pemena. Skripsi ini membahas tentang konsep ketuhanan dalam paham Pemena. Pengambilan datanya dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Kepercayaan animisme merupakan salah satu kepercayaan dari banyaknya jenis kepercayaan yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Yang menjadi pertanyaan dasar didalam skripsi ini adalah bagaimana ajaran dan praktek paham Pemena di Desa Tiga Binanga Kabupaten Karo dan bagaimana konsep ketuhanan dalam paham Pemena di Desa Tiga Binanga Kabupaten Karo. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana ajaran dan praktek paham Pemena di Desa Tiga Binanga Kabupaten Karo dan mengetahui konsep ketuhanan dalam paham Pemena di Desa Tiga Binanga Kabupaten Karo, sehingga penelitian ini menggambarkan secara umum tentang paham Pemena yang ada di Desa Tiga Binanga Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Hasil penelitian ini akan memberikan pemahaman mengenai konsep ketuhanan paham Pemena. Bahwa Pemena merupakan agama yang lahir sejak masa prasejarah yang termasuk kedalam sistem kepercayaan animisme, yaitu kepercayaan terhadap roh dan arwah nenek moyang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketuhanan, Desa Tiga Binanga, Karo
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:41
Last Modified: 04 Aug 2021 04:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11983

Actions (login required)

View Item View Item