Netralitas Kepala Desa Dalam Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden 2019 Di Tinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Kasus Desa Panyabungan Jae Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal)

Fahrizal, Muhammad (2020) Netralitas Kepala Desa Dalam Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden 2019 Di Tinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Kasus Desa Panyabungan Jae Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD FAHRIZAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Netralitas adalah suatu keadaan tidak memihak; netral. Netralitas Kepala Desa mutlak diperlukan mengingat tugas dan kedudukan sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan pelayan publik. Sebagai upaya menjaga netralitas Kepala Desa dari pengaruh partai politik. Indonesia telah melakukan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2019 lalu. Pada pelaksanaan pemilihan tersebut terdapat kepala Desa Panyabungan Jae tidak netral dan cenderung memihak, seharusnya tidak terlibat terlibat kampanye politik, memobilisasi masyarakat untuk mendukung salah satu pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penyebab ketidak netralan kepala desa. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab kepala desa tidak netral yaitu politisasi elit politik telah mengintervensi kepala desa untuk memobilisasi massa dan intervensi partai politik menekan kepala desa yang memiliki pengaruh yang cukup besar untuk memobilisasi massa secara terselubung kepala desa menjadi tim sukses yang dikendalikan oleh partai politik. Berdasarkan indikator tersebut, peneliti berasumsi bahwa untuk menjaga netralitas kepala desa di butuhkan adanya profesionalitas dan komitmen sebagai public service untuk membatasi diri dari kepentingan politik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fiqh Siyasah, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:35
Last Modified: 04 Aug 2021 04:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11982

Actions (login required)

View Item View Item