Batubara, Sahirman Ahmad (2021) Nilai Pendidikan Toleransi Dalam Al-Qur'an Surah Az-Zumar Ayat 18. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SIDANG TESIS an. Sahirman 08072021.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mendeskripsikan, dan menganalisis secara mendalam makna tafsir yang terkandung di dalam surah azZumar ayat 18 beserta nilai-nilai pendidikan toleransi yang dapat dipetik dalam kandungannya. Kajian tesis ini juga berupaya menemukan relevansi nilai-nilai pendidikan toleransi tersebut dengan konsep pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif dari data-data yang diperoleh melalui library research (studi kepustakaan). Datadata yang terkumpul diolah dengan teknik analisis isi/content analysis, yang diintegrasikan dengan teknik analisis tahlili yang bersumber dari Al-Qur‟an dan Hadis serta 21 kitab tafsīr klasik dan kontemporer sebagai data primer, dan didukung sumber data sekunder yang berasal dari berbagai literatur, seperti muʻjam (kamus), dan buku-buku pendukung yang terkait dengan bidang kajian yang diteliti. Hasil penelitian dalam tesis ini menemukan bahwa: (1) Makna yang terkandung dalam surah az-Zumar ayat 18 memuat dasar-dasar pendidikan toleransi yang berisi pembelajaran tentang etika mendengarkan pembicaraan, menghargai, dan menghormati pesan-pesan yang disampaikan oleh Allah Swt. dan Rasulullah saw., demikian pula dari sesama manusia, kemudian mengambil nilai-nilai kebaikan dan mengamalkan pesan-pesan tersebut dalam kehidupan sehari-hari yang disebut ūlul albāb; (2) Nilai-nilai pendidikan toleransi yang ditemukan dalam surah az-Zumar ayat 18 memuat beberapa aspek, yakni bertambahnya ketaatan, penghargaan, penghormatan, kesabaran, smart thinking, memaafkan, kemerdekaan, pengendalian hawa nafsu dan waham, adab dan akhlak, keberanian, kedamaian, berpendirian teguh (istiqāmah), nasihat, hak dan kewajiban, cinta, tidak egois, dan keadilan. Nilai-nilai pendidikan toleransi ini memiliki relevansi yang kuat dengan pengimplementasian konsep-konsep Pendidikan Islam Kontemporer yang dikembangkan dewasa ini, antara lain xiii pendidikan karakter, pendidikan multikultural, pembelajaran berbasis lingkungan, kooperatif, dan quantum learning.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 05:33 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 05:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11975 |
Actions (login required)
View Item |