Pengaruh Harga Tiket Kereta Api Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Permintaan Jasa Kereta Api (Survey Pada Penumpang Kereta Api Sri Bilah)

Wahyuni, Ika Sri (2021) Pengaruh Harga Tiket Kereta Api Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Permintaan Jasa Kereta Api (Survey Pada Penumpang Kereta Api Sri Bilah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IKA SRI WAHYUNI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan hal terpenting dalam melakukan pergerakan dan perpindahan dalam kehidupan. Kereta api memang menjadi satu-satunya perusahaan transportasi darat yang menggunakan lintasan rel di Indonesia, tetapi memiliki kompetitor lain di bidang transportasi darat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenaikan harga tiket kereta api terhadap permintaan jasa kereta api, kualitas pelayanan terhadap permintaan jasa kereta api, dan pengaruh pendapatan responden terhadap permintaan jasa kereta api. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket/kuisioner kepada seluruh pengguna jasa transportasi atau penumpang Kereta Api Sri Bilah Trex Medan – Rantau Prapat pp di Stasiun Kereta Api Medan, Jl. Stasiun Kereta Api No. 1, Medan. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak 80 orang penumpang pada Kereta Api Sri Bilah. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik slovin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data mengggunakan Kuesioner, Studi Kepustakaan, dan Observasi. Hasil penelitian yang diolah menggunakan SPSS 22 menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,463 artinya 46%. Variabel Permintaan Jasa Angkut dapat dijelaskan oleh variable independen dalam penelitian Harga Tiket Kereta Api, Kualitas Pelayanan, dan Pendapatan sedangkan sisanya sebesar 54% dijelaskan oleh variabel lain. Hasil uji simultan (Uji-F) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, Harga Tiket Kereta Api, Kualitas Pelayanan, dan Pendapatan secara simultan berpengaruh secara serempak terhadap Permintaan Jasa Angkut pada Kereta Api Sri Bilah. Hasil uji parsial (Uji-T) yang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Permintaan Jasa Angkut adalah Harga Tiket Kereta Api (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2), sedangkan Pendapatan (X3) tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Permintaan Jasa Angkut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:53
Last Modified: 03 Aug 2021 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11971

Actions (login required)

View Item View Item