Rangkuti, Fatima Rahma (2021) TAHFIZ ALQURAN DALAM KURIKULUM PESANTREN DI KABUPATEN DELI SERDANG. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
DISERTASI FATIMA UNTUK SIDANG TERBUKA 29 07 21.pdf - Submitted Version Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: 1) latar belakang munculnya Tahfiz Alquran dalam kurikulum pesantren di Kabupaten Deli Serdang, 2) pola-pola Tahfiz Alquran dalam kurikulum pesantren di Kabupaten Deli Serdang Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologis dan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut di analisis sesuai dengan teori Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahfiz Alquran muncul dalam kurikulum pesantren di Kab. Deli Serdang dilatarbelakangi oleh tiga faktor: pertama, faktor agama (adanya keinginan masyarakat Kab. Deli Serdang untuk menjaga, mempelajari dan mengamalkan Alquran), yang kedua faktor sosial (masyarakat Kab. Deli Serdang membutuhkan pendidikan yang berbasis Alquran sebab mayoritas penduduknya masyarakat muslim), yang ketiga faktor budaya (pesantren di Kab. Deli Serdang berpacu dalam membuat kurikulum yang berbasis Alquran) dengan cara mengadopsi kurikulum Pesantren Gontor, Al-Azhar dan pembelajaran Tahfiz yang dibawa oleh para hafiz-hafiz yang berasal dari Kota Panyabungan, Mandailing Natal yang hijrah ke Kabupaten Deli Serdang, kemudian aktif dalam berbagai perlombaan MTQ. 2) Adapun pola Tahfiz Alquran dalam kurikulum pesantren di Kab. Deli Serdang yang pertama yaitu: Tahfiz Alquran menjadi satu-satunya pelajaran wajib di kurikulum pesantren. Pola kedua, yaitu Tahfiz Alquran sebagai kurikulum wajib dengan dua bentuk, yaitu kurikulum khusus Tahfiz Alquran dan kurikulum pendidikan formal tingkat MTs dan MA + Tahfiz Alquran. Pola ketiga, yaitu Tahfiz Alquran sebagai salah satu ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler sunah. Pola keempat yaitu Tahfiz Alquran sebagai extrakurikuler pesantren dalam bentuk mata pelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 31 Jul 2021 08:18 |
Last Modified: | 31 Jul 2021 08:18 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11961 |
Actions (login required)
View Item |