Faktor Risiko Preeklampsia Pada Ibu Hamil Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan

Pohan, Devi Juliana (2021) Faktor Risiko Preeklampsia Pada Ibu Hamil Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEVI JULIANA POHAN - FAKTOR RISIKO PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL DI RSUP HAM MEDAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penurunan Angka Kamatian Ibu masih menjadi prioritas masalah kesehatan di dunia. Kematian ibu disebabkan oleh gangguan selama kehamilan ataupun ketika persalinan. Gangguan kehamilan yang disebabkan oleh preeklampsia menjadi penyebab tertinggi pada kematian ibu dan kematian neonatal di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor risiko kejadian preeklampsia pada ibu hamil di RSUP Haji Adam Malik Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian case control. Sampel penelitian berjumlah 48 pada kelompok kasus dan 96 pada kelompok kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara faktor risiko usia ibu dan status gravida dam kehamilan ganda dengan preeklampsia. Diharapkan instansi pelayanan kesehatan dapat meningkatkan kegiatan yang mengedukasi ibu dan calon ibu terkait komplikasi kehamilan, bahaya kehamilan di usia terlalu muda dan terlalu tua serta meningkatkan pemeriksaan antenatal care yang dilakukan secara rutin.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Preeklampsia; usia; status gravida; kehamilan ganda
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 618 Gynecology and other medical specialities
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:12
Last Modified: 30 Jul 2021 04:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11947

Actions (login required)

View Item View Item