Hukum Pembayaran Menggunakan Sistem Self Service Card Menurut FATWA DSN MUI NO: 116/DSNMUI/IX/2017 (Studi Kasus Di Merica Food Court Millennium Plaza Kota Medan)

Yolanda, Vivi (2021) Hukum Pembayaran Menggunakan Sistem Self Service Card Menurut FATWA DSN MUI NO: 116/DSNMUI/IX/2017 (Studi Kasus Di Merica Food Court Millennium Plaza Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi vivi yolanda (1).pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Hukum Pembayaran Menggunakan Sistem Self Service Card MENURUT FATWA DSN MUI NO: 116/DSN-MUI/IX/2017 (Studi Kasus Di Merica Food Court Millennium Plaza Kota Medan)”. Sistem pembayaran di Merica food court menggunakan sistem mendepositokan saldo yang mana saldo tersebut dapat ditukar kembali secara tunai apabila uang tersebut lebih dari Rp.5.000 maka uang dikembalikan secara penuh atau rill. Sistem pembayaran di Merica food court menggunakan sistem mendepositokan saldo yang mana saldo tersebut dapat ditukar kembali secara tunai apabila uang tersebut lebih dari Rp.5.000 maka uang dikembalikan secara penuh atau rill. Berdasarkam Fatwa DSN MUI NO: 116/DSN-MUI/IX/2017 pertukaran uang dikembalikan mengandung unsur ketidakjelasan dan terdapat penambahan biaya yang tidak dijelaskan maka hukumnya tidak boleh dan tidak sesuai dengan Fatwa DSN MUI NO: 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang uang elektronik. Penelitian ini akan menjelaskan tentang hukum pembayaran menggunakan sistem self service card di Merica Food Court Millennium Plaza menurut Fatwa DSN MUI NO: 116/DSN-MUI/IX/2017. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis empiris. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data mengabungkan antara field researsh dan library research. Pendekatan yang digunakan adalah legal normatif dan conceptual approach. Bahan hukum yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan logika berfikir deduktif yang mana berpijak dari pengetahuan yang bersifat umum kemudian ditarik terhadap pengetahuan yang bersifat khusus. Hasil penelitian menunjukan bahwa hukum pembayaran menggunakan sistem self service card di Merica Food Court Millennium Plaza tidak sesuai dengan Fatwa DSN MUI No: 116/DSN-MUI/IX/20I7 yang mana pada poin 1b,1d dan 3 menyatakan bahwa Jumlah nominal uang disimpan dengan sistem self service card belum teregistrasi dan seharusnya penerbit kartu bukanlah pedagang serta uang yang dikembalikan harus sesuai dengan yang dihabiskan tanpa ada pengecualian nominal dan penambahan atau penganguhan termasuk riba Maka hukumnya tidak boleh

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:48
Last Modified: 30 Jul 2021 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11946

Actions (login required)

View Item View Item