Peran Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sumatera Utara Dalam Mensosialisasikan Keamanan Berinternet Kepada Masyarakat Menurut Perspektif Komunikasi Islam

Nasution, Nurul Adha Almayora (2020) Peran Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sumatera Utara Dalam Mensosialisasikan Keamanan Berinternet Kepada Masyarakat Menurut Perspektif Komunikasi Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Nurul Adha Almayora Nst.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sumatera Utara dalam Mensosialisasikan Keamanan Berinternet Kepada Masyarakat Menurut Perspektif Komunikasi Islam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program APJII Sumatera Utara dalam mensosialisasikan keamanan berinternet, bentuk-bentuk sosialisasi APJII Sumatera Utara dalam mensosialisasikan keamanan berinternet serta untuk mengetahui hambatan dan solusi APJII Sumatera Utara dalam mensosialisasikan keamanan berinternet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan Ilmu Komunikasi (Difusi Inovasi). Karena penelitian ini menjelaskan fenomena yang terjadi di lapangan dengan cara mengumpulkan data-data yang diperoleh dari informan penelitian. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti sebagai berikut , pada dasarnya peran Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sumatera Utara merujuk pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 32 tahun 2015 yang terdapat dalam pasal 2 yaitu : menciptakan ketertiban dalam pengelolaan Nomor Protokol Internet (PI), melindungi kepentingan umum dari penyalahgunaan dan resiko kerugian akibat pengelolaan dan penggunaan Nomor PI yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta memberikan rasa aman, keadilan dan kepastian hukum bagi pengelola dan pengguna internet. Program Sosialisasi yang disampaikan yaitu, dialog publik, jumpa pers, sosialisasi yang dilakukan melalui program Miss Internet Indonesia, dll. Bentukbentuk Sosialisasi APJII Sumatera Utara dalam mensosialisasikan keamanan berinternet kepada masyarakat menurut Perspektif Komunikasi Islam yaitu bentuk sosialisasi eksternal dan bentuk sosialisasi internal. Hambatan yang dialami APJII Sumatera Utara yaitu sumberdaya manusia yang masih rendah karna masih banyak masyarakat yang belum melek media dan kurangnya waktu antar anggota APJII Sumatera Utara , dll. Secara implisit, semua solusi yang diberikan APJII Sumatera Utara untuk kebaikan kepada masyarakat, dalam hal ini berkaitan dengan unsur dakwah yaitu amar makruf nahi mungkar dan prinsip pahala dan dosa merupakan pemberian motivasi dan menyampaikan hal-hal baik. Sehingga dari data yang peneliti dapatkan, Peran Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sumatera Utara belum maksimal. Hal ini dapat dilihat masih banyaknya masyarakat yang belum melek informasi dengan adanya sosialisasi keamanan berinternet yang dilakukan oleh APJII Sumatera Utara ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:49
Last Modified: 21 Jul 2021 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11913

Actions (login required)

View Item View Item