Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Limbah Wortel Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum Annum L.)

Putri, Sartika (2020) Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Limbah Wortel Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum Annum L.). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PDF SKRIPSI SARTIKA PUTRI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pupuk organik cair yang berasal dari limbah wortel, mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair dari limbah wortel terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah (Capsicum annum L.) dan untuk mengetahui konsentrasi berapa pupuk organik cair limbah wortel berpengaruh baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah (Capsicum annum L.). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dalam penelitian ini menggunakan 5 perlakuan dan 5 kali ulangan dengan perlakuan 0% sebagai kontrol perlakuan B 5%, perlakuan C 10%, perlakuan D 15%, dan perlakuan E 20%. Parameter yang digunakan yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, jumlah bunga dan jumlah buah. Data hasil penelitian akan di analisis dengan menggunakan software statistical product and service solutions (SPSS) versi 23. Hasil menunjukan kandungan yang terdapat pada pupuk organik cair limbah wortel yaitu C-organik 0.86%, nitrogen (1.14%), phospor (0.01%), kalium (0.18%), dan rasio C/N (0.76%). Dari penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan bahwa pemberian pupuk organik cair limbah wortel dengan konsentrasi 5%, 10%, 15% dan 20% berpengaruh terhadap tinggi tanaman dengan nilai rata-rata tertinggi pada konsentrasi 5% yaitu 36.5, jumlah daun dengan nilai rata-rata tertinggi pada konsentrasi 5% yaitu 38.6, jumlah cabang dengan nilai rata-rata tertinggi pada konsentrasi 15% yaitu 11,8, jumlah bunga dengan nilai ratarata tertinggi pada konsentrasi 5% yaitu 11 dan jumlah buah dengan nilai rata-rata tertinggi pada konsentrasi 15% yaitu 8.8. Pemberian pupuk organik cair limbah wortel yang paling optimal yaitu pada konsentrasi 5% dan 15%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 580 Botanical sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Jul 2021 05:10
Last Modified: 19 Jul 2021 05:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11896

Actions (login required)

View Item View Item