Epidemiologi Pasien Coronavirus Disease Di Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/Bukit Barisan Medan Sumatera Utara

Ruapertiwi, Arbitra Morlindah (2021) Epidemiologi Pasien Coronavirus Disease Di Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/Bukit Barisan Medan Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ARBITRA M RUAPERTIWI - REPOSITORY UINSU 2.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Coronavirus Disease 2019 merupakan penyakit menular dengan Reproduction Number 3,76 yang artinya dalam satu pasien dapat menularkan penyakitnya pada empat individu lain selama periode penularannya dalam populasi yang tidak terinfeksi. Populasi yang berisiko ditularkan penyakit ini yaitu kelompok individu dengan umur lanjut usia dan seluruh usia yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, penyakit paru-paru dan kanker. Berdasarkan data rekam medis disebutkan juga bahwa orang dewasa dari berbagai usia yang memiliki komorbid lebih berpeluang untuk tertular dan memperparah kondisi saat sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Epidemiologi Pasien Coronavirus Disease di Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/Bukit Barisan Medan Sumatera Utara Tahun 2020. Penelitian observasional analitik dengan desain penelitian case control. Umur (P value:0.097; OR 1.1194), komorbid atau penyakit penyerta (P value: 0.017; OR: 2.104) riwayat kontak (P value: 0.001; OR:3.390), dan riwayat perjalanan (P value: 0.0011; OR: 2.244). Adanya hubungan yang signifikan secara statistic antara komorbid atau penyakit penyerta, riwayat kontak dan riwayat perjalanan dengan kejadian COVID-19. Tidak ada hubungan secara statistic antara umur dengan kejadian COVID-19. Pasien yang memiliki riwayat kontak 3 kali lebih berisiko tertular infeksi COVID-19 dibandingkan dengan yang tidak memiliki riwayat kontak. Pemerintah dapat melakukan intervensi kepada masyarakat yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta agar lebih waspada dan melakukan edukasi terkait determinan kejadian COVID-19 yaitu komorbid sehingga dapat meminimalisir penularan infeksi dan membatasai mobilisasi kelompok yang berisiko sehingga dapat menurunkan determinan kejadian COVID-19 seperti riwayat kontak dan riwayat perjalanan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Jul 2021 06:49
Last Modified: 17 Jul 2021 06:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11892

Actions (login required)

View Item View Item