Ginting, Suasana Nikmat (2021) Evaluasi Program Kurikulum Berbasis KKNI Di Fakutas Ekonomi Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Desertasi untuk sidang tertutup 29 6 2021 PDF-1.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah, Pertama, untuk mengetahui Evaluasi Program Konteks Kurikulum Berbasis KKNI di FEBI UIN Sumatera Utara Medan, Kedua, untuk mengetahui evaluasi input kurikulum berbasis KKNI di FEBI UIN Sumatera Utara Medan, Ketiga, untuk mengetahui evaluasi proses program kurikulum berbasis KKNI di FEBI UIN Sumatera Utara Medan, Keempat, untuk mengetahui evaluasi produk program kurikulum berbasis KKNI di FEBI UIN Sumatera Utara Medan. Untuk memperoleh tujuan di atas, model evaluasi kurikulum yang digunakan adalah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan tahapan observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi serta beragam sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka evaluasi konteks Kurikulum Berbasis KKNI di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan, bahwa kurikulum yang digunakan adalah kurikulum berbasis KKNI. Dimana dalam penerapannya sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, yang merupakan penjabaran dari peraturan- peraturan yang lebih tinggi. Selain itu juga melalui analisis yang mendalam dengan memperhatikan kekurangan dan kelebihan yang akan ditimbulkan kemudian dengan melibatkan stakeholder di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan. Evaluasi input diketahui meliputi proses belajar yang dapat dilihat dari absensi dan RPS dosen dosen. Penilaian meliputi, quiz, tugas, partisipasi pembelajaran,UTS dan UAS dan hasil belajar yang diserahkan ke akademik FEBI UIN Sumatera Utara Medan. Evaluasi proses kurikulum selalu dipantau Unit Penjamin Mutu FEBI UIN Sumatera Utara Medan dan Lembaga Penjamin Mutu di tingkat universitas. Dan lembaga penjamin mutu tersebut menyiapkan sistim penjamin mutu eksternal dalam konteks akreditasi institusi dan prodi. Evaluasi produk melalui evaluasi formatif dan evaluasi empiris. Evaluasi formatif dilakukan dengan melalui pemberian tugas kelompok, tugas individu, quiz, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester yang berbentuk tanya jawab vi terhadap soal dari pembelajaran yang sudah dilalui. Sedangkan evaluasi empiris dilakukan dengan mengamati tingah laku siswa setelah mengikuti proses pembelajaran di kelas.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 12:01 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 12:01 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11891 |
Actions (login required)
View Item |