Analisis Kinerja Keuangan pada Koperasi Serba Usaha (Studi Kasus Primer Koperasi Kartika Viyata Yudha Rindam I/BB Pematangsiantar)

Harahap, Firli Nur Awiyah (2021) Analisis Kinerja Keuangan pada Koperasi Serba Usaha (Studi Kasus Primer Koperasi Kartika Viyata Yudha Rindam I/BB Pematangsiantar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Firli Nur Awiyah Harahap.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan Primer Koperasi Kartika Viyata Yudha Rindam I/BB Pematangsiantar periode 2014-2018 berdasarkan pada Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Nomor: 06/Per/Dep.6/IV/2016 yang meliputi aspek permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, likuiditas, kemandirian dan pertumbuhan, serta jatidiri koperasi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah pengurus Primer Koperasi Kartika Viyata Yudha dan objek penelitian ini adalah laporan keuangan yang terdiri dari neraca dan laporan sisa hasil usaha Primer Koperasi Kartika Viyata Yudha. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek permodalan memperoleh skor rata-rata 70,00 sehingga berada pada kategori cukup sehat; aspek kualitas aktiva produktif memperoleh skor rata-rata 78,75 sehingga berada pada kategori cukup sehat; aspek manajemen memperoleh skor rata-rata 70,13 sehingga berada pada kategori cukup sehat; aspek efisiensi memperoleh skor rata-rata 84,00 sehingga berada pada kategori sehat; aspek likuiditas memperoleh skor rata-rata 53,33 sehingga berada pada kategori dalam pengawasan, aspek kemandirian dan pertumbuhan memperoleh skor rata-rata 89,50 sehingga berada pada kategori sehat; dan aspek jatidiri koperasi memperoleh skor 100 sehingga berada pada kategori sehat. Secara keseluruhan kinerja keuangan Primer Koperasi Kartika Viyata Yudha periode 2014-2018 mendapatkan skor rata-rata 72,12 sehingga berada dalam kategori cukup sehat

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 12 Jul 2021 06:54
Last Modified: 12 Jul 2021 06:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item View Item