Efektivitas Kompetensi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Al Manar Medan

Idris, Chairoel (2018) Efektivitas Kompetensi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Al Manar Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
CHAIROEL IDRIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Kompetensi Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Manar Medan; (2) Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Al Manar Medan; (3) Efektivitas Kompetensi Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsananawiyah Al Manar Medan dalam meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al Manar Medan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian adalah Kepala Madrasah/Sekolah. Adapun informannya adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah dan Guru. adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Studi Dokumentasi.Proses Analisis Data dilakukan dengan cara: Data Reduction (Reduksi Data), Display Data (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing/Verification (Pengambilan Kesimpulan). Data yang terkumpul dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan Trianggulasi Data. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Kompetensi Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Manar Medan meliputi; (a) Kompetensi Kepribadian, (b) Kompetensi Manajerial, (c) Kompetensi Supervisi, dan (d) Kompetensi Sosial. (2) Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al Manar Medan, Guru mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan baik sesuai dengan RPP yang sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sekolah, penguasaan media pembelajaran yang baik oleh guru, disiplin guru dan murid baik, murid mampu mengikuti perlombaan-perlombaan di luar madrasah, kualitas lulusan mampu bersaing dengan sekolah elite di Kota Medan. (3) Efektivitas Kompetensi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan meliputi: (a) Kompetensi Kepribadian, Kepala Madrasah mampu memberikan suritauladan yang baik kepada guru dan siswa. (b) Kompetensi Manajerial, Kepala Madrasah mampu membuat program tahunan dengan baik, membimbing guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas, memberikan motivasi kepada guru untuk meningkatkan profesionalisme guru, dan memaksimalkan sarana dan prasarana madrasah. (c) Kompetensi Supervisi, Kepala Madrasah mengevaluasi kinerja guru dan tenaga kependidikan secara rutin setiap akhir semester pembelajaran, kepala madrasah memberikan pengawasan secara langsung pada saat proses pembelajaran di dalam kelas. (d) Kompetensi Sosial, Kepala Madrasah berperanserta dalam setiap kegiatan di dalam dan luar madrasah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Jul 2021 04:36
Last Modified: 12 Jul 2021 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11862

Actions (login required)

View Item View Item