Keanekaragaman Serangga Di Perkebunan Kelapa Sawit Desa Padang Garugur Jae Kec. Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara

Hasibuan, Indah Permata Sari (2020) Keanekaragaman Serangga Di Perkebunan Kelapa Sawit Desa Padang Garugur Jae Kec. Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
UPLOAD SKRIPSI INDAH-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis serangga yang terdapat di perkebunan kelapa sawit, untuk mengetahui berapa indeks keanekaragaman, kelimpahan, kemerataan, dan indeks dominansi. Penelitian ini menggunakan metode teknik purposive sampling pada pada lahan perkebunan kelapa sawit seluas 2 hektar dengan memilih 10 lokasi pengamatan dimana dalam satu lokasi seluas 100 m x 100 m. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serangga yang tertangkap pada perkebunan kelapa sawit sebanyak 22 famili, 614 individu dan 27 jenis serangga. Adapun nilai indeks keanekaragaman serangga di perkebunan kelapa sawit adalah 2,35 dan dikategorikan keanekaragaman sedang. Sedangkan indeks dominansi yang terdapat pada perkebunan kelapa sawit berjumlah 0,140 dan dikategorikan dominansi rendah, kelimpahan yang paling tinggi pada odontomachus simillimus dengan jumlah 82 dan untuk kelimpahan yang paling rendah yaitu Sarcophaga sp., Chrysis smaragdula, Trichrysis cyanea, Amblycorypha sp., Aulacophora indica, Disonycha sp., dan Callirhipis sp. Dengan jumlah 0,5. Dan untuk indeks kemerataan hasil perhitungan yang diperoleh adalah 0,366 yang berarti indeks kemerataan rendah, sesuai dengan kriteria indeks kemerataan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 590 Zoological sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:42
Last Modified: 12 Jul 2021 03:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item