Kompetensi Pembimbingan Agama Dalam Pembinaan Mental Terhadap Resident Penyalahgunaan Narkoba Di Rehabilitasi Sibolangit Centre

Qarni, Waizul (2021) Kompetensi Pembimbingan Agama Dalam Pembinaan Mental Terhadap Resident Penyalahgunaan Narkoba Di Rehabilitasi Sibolangit Centre. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UINSU Medan.

[img]
Preview
Text
Penelitian Waizul Qarni.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Seorang da’i atau ustad adalah penyampai pesan dakwah termasuk melakukan bimbingan dengan pendekatan agama. Pada penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi seorang tenaga pembimbing agama yang dalam membantu resident penyalahgunaan narkoba. Pembimbing agama adalah orang yang memilki komptensi dalam kegiatan melakukan bimbingan pada Rehabilitasi Sibolangit centre . Penelitian ini juga mengungkapkan metode apa yang digunakan para Pembimbing Agama, serta milihat hambatan-hambatan apa yang ditemui dalam memberikan bimbingan kepada resident khusus yang direhabiltasi di Resident Sibolangit Centre. Pemimbing yang menggunakan pendekatan agama ternyata telah memliki kompetensi yaitu memilki ilmu dan pengalaman dalam memberikan bimbingan. Pembimbing telah mememfaatkan kemampuannya dan pengalamannya dalam berhadapan dengan babagai lapisan masyarakat yaitu peranya sebagai da’i . Metode yang digunakan antara lain adalah komunikasi lansung dalam bentuk caramah, berdiskusi atau tanya jawab dan demonstrasi yaitu memberukan contoh atau praktek. Hambatan yang dirasakan oleh para pembimbing agama pada Rehabilrasi Sibolangit centre adalah karakter para resident yang sangat berbeda dengan orang-orang yang normal. Para penghuni Rehabilitasi Siibolangit Centre juga terdiri dari berbagai latar belakan, baik sosilogis,ekonomi maupun pendidikan. Para pembimbing menghadapi mereka yang sangat minim pengetahuan agama dan juga sulit menerima materi yang disampaiakan. Kompetensi yang dimiliki oleh tenaga pembimbing agama di Rehabiltasi Sibolangit Centre telah memberikan hasil yang baik. Hal ini dengan semakin tertariknya resident untuk mengikuti bimbingan. Berbagai metode telah digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dan telah mengatasi berbagai hambatan yang pada akhirnya bimbingan dapat diberikan dan membawa dampak yang positif.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:04
Last Modified: 08 Jul 2021 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11850

Actions (login required)

View Item View Item