Putriani, Uki (2020) Pengaruh Metode Latihan (Drill) Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Musthofawiyah Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
SKRIPSI_UKI PUTRIANI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum tercapainya aspek perkembangan nilai agama dan moral anak sesuai kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perkembangan nilai Agama dan Moral anak usia 5-6 tahun di RA Al-Mushthofawiyah Tahun Ajaran 2019/2020, 2) Pelaksanaan Metode Latihan (Drill) pada anak usia 5-6 tahun di RA Al- Mushthofawiyah Tahun Ajaran 2019/2020, dan 3) Pengaruh Metode Latihan (Drill) terhadap perkembangan Nilai Agama dan Moral anak usia 5-6 tahun di RA Al-Mushthofawiyah Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Desain yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B (Usia 5-6 tahun) sebanyak 28 anak yang terdiri dari 2 kelas yang masing-masing berjumlah 14 anak. Adapun sampel diambil dengan teknik Boring sampling/total sampling yang artinya mengambil keseluruhan jumlah populasiyang berjumlah 28 orang anak dari 2 kelas. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji- t). Hasil penelitian adalah 1) Perkembangan Nilai Agama Dan Moral anak di RA Al-Mushthofawiyah sudah cukup baik, sekolah sudah menerapkan materi- materi pembelajaran Nilai Agama dan Moral, 2) Pelaksanaan/penerapan Metode Latihan (Drill) yang dilakukan di RA Al-Mushthofawiyah yakni memberi pemahaman yang mendalam dan memotivasi anak mengenai materi yang akan diajarkan, melaksanakan latihan terbimbing, dan melakukan evaluasi/penilaian, 3) Terdapat pengaruh Metode Latihan (Drill) terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral anak usia 5-6 tahun di ra al-mushthofawiyah tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pre test (13,07) dan nilai rata-rata post test (21,64) yang berjumlah 14 anak dengan niai Thitung 15,408 dengan taraf α = 0,05 didapat tabel t pada dt 12 diperoleh nilai Ttabel = 1,705. Karena Thitung > Ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 07:07 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 07:07 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11826 |
Actions (login required)
View Item |