Pengelolaan dan Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum (Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Perda Kota Medan Nomor 7 Tahun 2002 Studi Kasus Di Jalan Sutomo Dan Rumah Sakit Murni Teguh Kecamatan Medan Timur)

Amini, Hafifah (2021) Pengelolaan dan Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum (Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Perda Kota Medan Nomor 7 Tahun 2002 Studi Kasus Di Jalan Sutomo Dan Rumah Sakit Murni Teguh Kecamatan Medan Timur). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAFIFAH AMINI (23153060).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Dinas Perhubungan Kota Medan dalam merealisasikan tugasnya di Kota Medan khususnya di Kecamatan Medan Timur. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana aturan tentang pengelolaan lahan parkir dalam Perda No. 7 Tahun 2002, bagaimana aturan retribusi pengelolaan parkir berdasarkan Perda Nomor 7 Tahun 2002, bagaimana tinjauan fiqh siyasah dalam pengutipan pajak retribusi parkir. Pesatnya pertumbuhan penduduk di daerah perkotaan ini menyebabkan tingginya infrastruktur yang harus disediakan oleh pemerintah. Transportasi sebagai salah satu pendukung dalam mobilitas penduduk di perkotaan. Sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang meningkat, jumlah kendaraan pribadi yang dimiliki juga semakin meningkat pula, sehingga mengakibatkan tingginya arus kendaraan di jalan raya dan mengakibatkan kemacetan di beberapa ruas jalan. Kondisi ini tentunya menuntut pemerintah daerah selaku pelayan publik, untuk dapat memberikan fasilitas sarana dan prasarana dalam pengaturan arus kendaraan serta memberikan jasa pelayanan parkir yang memadai bagi warga Sumatera Utara. Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan retribusi dan penertiban parkir liar di Kecamatan Medan Timur, dilihat dari penertiban sudah berjalan dengan baik, dilihat dari sisi kepentingan yang dipengaruhi oleh adanya kebijakan, jenis manfaat yang akan dihasilkan dan jangkauan perubahan yang diinginkan. Namun, dilihat dari sisi penyetoran retribusi belum adanya kebijakan yang dijalankan. Hal inilah yang menjadi penghambat keberhasilan dari aturan retribusi penertiban parkir liar di Kecamatan Medan Timur karena kurangnya rasa tanggung jawab yang berkuasa serta ketidakpatuhan dari kelompok sasaran penertiban parkir liar

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Jul 2021 06:18
Last Modified: 06 Jul 2021 06:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11824

Actions (login required)

View Item View Item