Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Modren Al- Hasyimiyah Tebing Tinggi

Rambe, Mirza Syadat (2021) Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Modren Al- Hasyimiyah Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Tesis Mirza Syadat Rambe.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen kegiatan ekstrakurikuler adalah seluruh proses yang direncanakan dan diusahakan secara terorganisir mengenai kegiatan sekolah yang dilakukan diluar kelas dan diuar jam pelajaran (kurikulum) untuk menumbuh- kembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki pesarta didik, baik berkaitan dengan aplikasi ilmu pengetahuan yang didapatkannya maupun dalam pengertian khusus untuk membimbing peserta didik dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada dalam dirinya melalui kegiatan- kegiatan yang wajib maupun pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanana kegiatan ekstrakurikuler di Pesanntren Moderen Al- Hasyimiyah Tebing Tinggi; (2) Pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler di Pesantren Modern Al- Hasyimiyah Tebing Tinggi; (3) Pengarahan kegiatan ekstrakurikuler di Pesantren Moderen Al- Hasyimiyah Tebing Tinggi; dan (4) Pengendalian kegiatan ekstrakurikuler di Pesantren Moderen Al- Hasyimiyah Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian fenomenologis, dan dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan; wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Proses analisa data dilakukan mulai dari; reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi dan member cheks. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan dalam bentuk penyusunan program yang selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaannya. Proses penyusunan program didahului dengan analisis sumberdaya yang dibutuhkan, dikakukan secara kolaboratif, dan disosialisasikan di awal tahun pelajaran; (2) Pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler diawali dengan penentuan sumberdaya, pembagian tugas sesuai bidang keahliannya, ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Madrasah PPM Al-Hasyimiyah, membuat kesepakatan membentuk karakter peserta didik melalui kegiatan rutin, keteladanan, tindakan spontan, dan pengkondisian; (3) Pengarahan kegiatan ekstrakurikuler diarahkan pada upaya memastikan seluruh kegiatan terarah pada 5 tujuan yang telah ditetapkan dalam perencanaan. Proses pengarahan mencakup; pelaksanaan kegiatan sesuai perencanaan, pola kegiatan mencakup (pendahuluan, inti, penutup), guru/pembina memprioritaskan keteladanan, kepemimpinan yang efektif, mengatasi masalah secara bersama, komitmen pada tugas, fungsi dan peranannya; dan (4) Pengendalian kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan melalui; pemantauan, penilaian, dan pelaporan.Proses pengendalian mencakup; monitoring pelaksanaan kegiatan, penilaian kegiatan melalui penilaian proses dan penilaian hasil, mayoritas peserta didik memperoleh hasil memuaskan, namun masih perlu optimalisasi unsur-unsur yang ada dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan maupun pada pengendaliannya, serta perlu diupayakan peningkatan kesiapan faktor komponen-komponen pendukungnya

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Jul 2021 05:31
Last Modified: 06 Jul 2021 05:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11820

Actions (login required)

View Item View Item