Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Tani Kopi Arabika Di Desa Sait Buttu Saribu Kecamatan Pematang Sidamanik

Mahasin, Nurkholis Habib (2020) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Tani Kopi Arabika Di Desa Sait Buttu Saribu Kecamatan Pematang Sidamanik. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
full skripsi habib 2.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi apakah tenaga kerja,luas lahan dan biaya produksi berpengaruh terhadap pendaptan usaha tani kopi arabika di Desa Sait Buttu Saribu Kecamatan Pematang Sidamanik. Jenis penelitian ini pendekatan Kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 35 usaha tani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tenaga kerja berpengaruh posititf dan signifikan terhadap pendapatan usaha tani Kopi Arabika di Desa Sait Buttu Saribu Kecamatan Pematang Sidamanik, hal ini disimpulkan sesuai hasil uji-t yang didapati nilai thitung tenaga kerja sebesar 4,422 > ttabel 1,695 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Luas lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha tani kopi arabika di Desa Sait Buttu Kecamatan Pematang Sidamanik, hal ini disimpulkan sesuai dengan hasil uji- t yang didapati nilai thitung luas lahan sebesar 4,048 > t tabel 1,695 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Biaya produksi berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap pendapatan usaha tani kopi arabika di Desa Sait Buttu Kecamatan Pematang Sidamanik, hal ini disimpulkan sesuai dengan hasil uji- t yang didapati nilai thitung biaya produksi sebesar -1,945 > -1,695 dengan tingkat signifikan sebesar 0,06 > 0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:33
Last Modified: 06 Jul 2021 04:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11811

Actions (login required)

View Item View Item