Implementasi Kurikulum Tahfizh Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Mawaddah Warohmah Medan

Parinduri, Mhd. Fauzan Habib (2021) Implementasi Kurikulum Tahfizh Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Mawaddah Warohmah Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
TESIS S2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum tahfizh alQuran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, metode dan media yang digunakan dan cara guru menilai keberhasilan serta mencari tahu faktor pendukung dan penghambat guru dan siswa dalam mengimplementasikan kurikulum tahfizh alQuran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Mawaddah Warohmah Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Mawaddah Warohmah Medan. Partisipan utama pada penelitian ini adalah guru koordinator atau pembimbing tahfizh alQuran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Mawaddah Warohmah Medan. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staff beserta siswa kelas 1- 6 yang ikut berperan dalam kegiatan implementasi kurikulum tahfizh alQuran merupakan partisipan pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber, dan metode dianalisis dengan model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum tahfizh alQuran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Mawaddah Warohmah Medan yang meliputi : 1) Perencanaan pembelajaran kurikulum tahfizh alQuran disusun dalam bentuk dokumen RPP (rencana pelaksanan pembelajaran), 2) Pelaksanaan pembelajaran tahfizh alQuran dimulai dengan kegiatan awal membaca doa belajar, setelah itu membaca Asmaul Husna dan dilanjutkan dengan menghafal dan muraja’ah alQuran yang dipandu oleh wali kelas masing-masing dan ditutupdengan kegiatan penguat berupa nasihat dan motivasi agar siswa tetap semangat dalam menghafal alQuran sekitar ±15 menit. Penyetoran hafalan dilakukan satu minggu sekali pada saat jam bidang studi tahfizh alQuran oleh guru pembimbing tahfizh, 3) Cara dan metode yang digunakan guru pembimbing dengan cara muraja’ah setiap pagi dengan metode sima’i, kelompok dan talaqqi, 4) Media yang digunakan berupa media cetak, media audio dan visual, 5) Cara dan teknik yang digunakan guru untuk menilai keberhasilan belajar tahfizh alQuran siswa dengan cara memantau perkembangan siswa persemester dan teknik ujian secara lisan pada saat ujian semester, 6) Faktor pendukung yang dialami guru yaitu perencanaan pembelajaran sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran telah disusun, dan adanya kelengkapan media. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya guru pembimbing yang belum memiliki hafalan kuat dan baik minimal 1 juz, serta adanya orang tua siswa yang tidak membantu hafalan siswanya dirumah, 7) Faktor pendukung yang dialami siswa yaitu adanya beasiswa yang diberikan kepala sekolah bagi siswa yang menghafal alQuran serta motivasi yang diberikan oleh guru pada saat kegiatan penguatan setiap hari. Sedangkan faktor penghambatnya adalah timbulnya rasa bosan dan kejenuhan serta gangguan dari teman sejawat pada saat pelaksanaan pembelajaran tahfizh alQuran

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:24
Last Modified: 06 Jul 2021 04:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11809

Actions (login required)

View Item View Item