Pengaruh Pemasaran Dan Daya Tarik Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Qurban (Studi Kasus BTN Syariah H. Juanda Medan)

Umairoh, Umi (2020) Pengaruh Pemasaran Dan Daya Tarik Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Qurban (Studi Kasus BTN Syariah H. Juanda Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMI UMAIROH JILID.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Produk tabungan qurban adalah program terpadu Bank BTN Syariah yang diberikan kepada masyarakat di kota medan yang ingin menggunakan tabungan qurban untuk ikut berqurban setiap tahun qurban, tetapi tidak memiliki cukup dana dan produk tabungan qurban dapat diakses layanan perbankan. Tujuan utamanya adalah untuk ,memudahankan perencanaan untuk berqurban dan investasi akhirat . Produk tabungan qurban ini sudah berjalan 15 tahun lebih tetapi minat masyarakat masih minim melakukan keputusan untuk menggunakan tabungan qurban, produk ini tidak berkembang dan tidak sesuai target yang di inginkan oleh Bank BTN Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran dan daya tarik produk, terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan qurban di BTN Syariah. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu pemasaran dan daya tarik produk dengan satu variabel dependen yaitu keputusan menggunakan Produk Tabungan Qurban. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode slovin sehingga setelah dimasukkan kedalam rumus slovin nasabah produk tabungan qurban BTN Syariah Jln. H. Juanda sebanyak 75 orang. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 75 nasabah Produk Tabungan Qurban Jln. H. Juanda sebagai sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multikolinieritas. Pada Uji t menunjukkan bahwa variabel pemasaran dan daya tarik produk, berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan Produk Tabungan Qurban . Pada hasil statistik uji F diketahui bahwa pemasaran dan daya tarik produk berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan meggunakan Produk Tabungan Qurban. Pada uji koefisien determinasi (R2 ) diketahui bahwa besarnya pengaruh pemasaran dan daya tarik produk, terhadap keputusan menggunakan Produk Tabungan Qurban sebesar 0,623. Sedangkan sisanya 37,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian ini

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Jul 2021 07:35
Last Modified: 05 Jul 2021 07:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item