Pelaksanaan Pembangungan Desa Berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa Dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Di Desa Kayulaut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal)

Asliah, Nur (2021) Pelaksanaan Pembangungan Desa Berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa Dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Di Desa Kayulaut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR ASLIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebelumtahuan apakah UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa terimplementasi atau tidak di Desa Kayulaut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1. Bagaimana pelaksanaan pembangunan desa di Desa Kayulaut, sebagai implementasi dari Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa. 3. Bagaimana pelaksanaan pembangunan desa di Desa Kayulaut ditinjau dari Siyasah Syari’ah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum empiris. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu penelitian yang menuturkan dan menguraikan data yang bersumber dari data primer melalui observasi, wawancara maupun laporan dalam bentuk dokumen dan data sekunder dengan mengadakan studi pustaka (library research) berupa Al-Qur’an, Hadist, pendapat para ulama, peraturan perundang-undangan, dokumen serta buku dan karya ilmiah lainnya. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Pelaksanaan Pembangunan Desa Berdasarkan UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa Dalam perspektif Fiqh Siyasah di Desa Kayulaut belum sepenuhnya terlaksanakan, hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor seperti: anggaran pembangunan desa yang terbatas, kurang adanya kerja sama antara pihak pemerintahan desa dengan masyarakat desa, dan kurangnya Sumber Daya Manusia. Pandangan fiqh Siyasah terhadap pelaksanan pembangunan di Desa Kayulaut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal belum sepenuhnya melaksanakan prinsip-prinsip pemerintahan yang disyariatkan dalam Islam yakni seorang pemimpin harus bersifat amanah dan adil terhadap rakyatnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Jul 2021 06:00
Last Modified: 05 Jul 2021 06:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11782

Actions (login required)

View Item View Item