Peran Pesantren Mawaridussalam Dalam Permberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Unit Usaha Bank Wakaf Mikro Syariah

Amini, Salisa (2019) Peran Pesantren Mawaridussalam Dalam Permberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Unit Usaha Bank Wakaf Mikro Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS FIX SALISA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan dan ketimpangan ekonomi selalu menjadi masalah yang kompleks bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat sebenarnya membutuhkan pemberdayaan ekonomi sebagai solusi untuk memeratakan perekonomian. Pesantren adalah lembaga yang mendidik tidak hanya para santri dan santriwatinya namun juga masyarakat sekitar. Hadirnya pesantren di desa Tumpatan Nibung memberikan pengaruh agama, juga mulai menghidupkan perekonomiannya. Peluang bisnis pun mulai dilirik masyarakat, para usaha mikro kecil atau pedagang kecil. Keterbatasan modal usaha menjadi masalah bagi yang mau memulai usaha. Pesantren Mawaridussalam merupakan pesantren yang mandiri dalam bidang perekonomiannya, salah satu unit usahanya adalah Bank Wakaf Mikro Syariah (BWMS). Bank Wakaf Mikro adalah sebuah Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang berfokus pada pembiayaan masyarakat kecil, lalu akan dilakukan pelatihan dan pendampingan. Harapannya dengan berdirinya BWMS pesantren Mawaridussalam memiliki peran dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Segala usaha yang dilakukan BWMS pesantren Mawaridussalam tidak terlepas dari tantangan dalam proses pemberdayaannya terhadap masyarakat. Prosedur pemberian pembiayaan termasuk panjang dan terus berkesinambungan. Untuk itu perlu diteliti dengan tujuan untuk mengetahui peran pesantren Mawaridussalam melalui unit usaha BWMS terhadap pemberdayaan masyarakat. Untuk mengetahui tantangan pesantren Mawaridussalam dalam pemberdayaan masyarakat melalui unit usaha BWMS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian adalah pesantren Mawaridussalam melalui BWMS memiliki peran dalam memberdayakan masyarakat dengan memberikan pinjaman modal usaha untuk sekala mikro, melepaskan diri dari jerat rentenir dan riba, meningkatan pendapatan sehari-hari serta menambahkan ilmu agama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:34
Last Modified: 05 Jul 2021 04:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item View Item