Tasmimul Maddah Al-Muhadatsah Fii Dhuil Manhaj AlIl’mi Bil-Madrasati Al-Mutawassitoh Al-Islamiyah Al-Hijra Lau Dendang

Susiana, Susiana (2019) Tasmimul Maddah Al-Muhadatsah Fii Dhuil Manhaj AlIl’mi Bil-Madrasati Al-Mutawassitoh Al-Islamiyah Al-Hijra Lau Dendang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Susiana.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Persiapan dalam pembelajaran adalah hal yang sangat penting bagi guru sebelum melakukan proses belajar mengajar. Bahan ajar yang digunakan guru khususnya dalam belajar keterampilan berbicara (Maharah Kalam) masih mengalami banyak kesulitan dalam belajar bahasa arab. Mayoritas dari kalangan masiswa SMP masih belum menguasai dan mampu berkomunikasi dengan bahasa arab. Dan hal ini disebabkan oleh buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran kurang membantu para siswa untuk belajar maharatul kalam dan juga tidak adanya buku ajar khusus untuk maharah kalam dalam kegiatan belajarmengajar. Dari permasalahan diatas, peneliti ingin menyusun buku ajar untuk pembelajaran Muhadatsah untuk siswa SMP IT AL Hijrah Laut Dendang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab pada keterampilan berbicara siswa SMP IT AL Hijrah Laut Dendang, membuat produk serta mengetahui efektifitas pengembangan materi muhadatsah untuk keterampilan berbicara di SMP IT AL Hijrah Laut Dendang. Yang dikembangkan peneliti adalah pembuatan bahan ajar Muhadatsah Berbasis Pendekatan Saintifik kelas VII madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) berdasarkan model ADDIE membutuhkan lima langkah yaitu analisis masalah, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk, evaluasi produk. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT AL Hijrah Laut Dendang tahun ajaran 2019/2020. Dan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan angket serta dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, bahwa produk buku ajar Muhadatsah berbasis pendekatan saintifik untuk kelas VII SMP IT AL Hijrah Laut Dendang, dan bahan ajar yang dikembangkan peneliti mempunyai karakteristik dan keunggulan sendiri yang tidak dimiliki oleh bahan ajar lainnya serta dari hasil uji pakar bahasa dan isi buku mencapai nilai 96%, dan dari pakar desain pembelajaran bahasa arab mencapai nilai 80% dan dari 27 murid mencapai nilai 81,48% dari hasil tersebut bahan ajar sudah baik untuk diimplementasikan ke siswa kelas VII SMP

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:50
Last Modified: 25 Jun 2021 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11761

Actions (login required)

View Item View Item