Pengaruh Pengetahuan Dan Kemampuan Finansial Terhadap Keputusan Nasabah Membuka Tabungan Berencana Di BSM KC Padangsidimpuan

Hrp, Ida Ruqiyah (2020) Pengaruh Pengetahuan Dan Kemampuan Finansial Terhadap Keputusan Nasabah Membuka Tabungan Berencana Di BSM KC Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
IDA RUQIYAH HARAHAP PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tabungan Berencana adalah tabungan yang diberikan kepada nasabah yang memiliki perencanaan pada masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi perencanaan keuangan pada masa yang akan datang kepada nasabah. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Pengetahuan dan Kemampuan Finansial, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan Nasabah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan tabungan berencana sebanyak 80 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 80 nasabah yang menggunakan tabungan berencana di BSM KC Padangsidimpuan sebagai sampel penelititan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, uji t, uji F dan uji determinasi (R2 ). Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heterokedastisitas dan multikolinearitas. Pada uji t menunjukkan bahwa variabel pengetahuan memiliki nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 6,451 dan kemampuan finansial memiliki nilai thitung > thitung yaitu sebesar 7,480, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pengetahuan dann kemampuan finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah membuka tabungan berencana. sedangkan pada uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 128,590. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel pengetahuan dan kemampuan finansial berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan berencana di BSM KC Padangsidimpuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Jun 2021 06:50
Last Modified: 25 Jun 2021 06:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11758

Actions (login required)

View Item View Item