Pengaruh Aksesibilitas Laporan Keuangan, Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Kabupaten Deli Serdang)

Pasaribu, Rita Agustina (2021) Pengaruh Aksesibilitas Laporan Keuangan, Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
REVISI TERBARU RITA AGUSTINA-converted.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Akuntabilitas merupakan kewajiban pemegang amanah (pemerintah) untuk memberikan pertanggungjawaban, menyajikan dan melaporkan pertanggungjawaban serta mengungkapkan segala aktivitas atau kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya kepada pihak pemberi amanah (masyarakat). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh aksesibilitas laporan keuangan, dan sistem pengendalian intern terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah di BPKA. Kab. Deli Serdang. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 orang dengan teknik sampel jenuh. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dimana aksesibilitas laporan keuangan, dan sistem pengendalian intern sebagai variable independen dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah sebagai variable dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh sebesar 16,023 dengan tingkat signifikan yang di peroleh sebesar 0,00 terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, dan sistem pengendalian intern secara parsial berpengaruh sebesar 5,752 dengan tigkat signifikan 0,000 terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, dan aksesibilitas laporan keuangan dan sistem pengendalian intern secara simultan berpengaruh sebesar 176,317 dengan tigkat signifikan 0,000 terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2 ) pengaruh aksesibilitas laporan keuangan, dan sistem pengendalian intern terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah di BPKA. Kab. Deli Serdang sebesar 87,8%. Sedang sisanya 12,2% Akuntabiltas Laporan Keuangan di BPKA. Kab. Deli Serdang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:33
Last Modified: 23 Jun 2021 07:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11749

Actions (login required)

View Item View Item