Pengaruh Aktivitas Menghafal Alquran Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Di Kelas VIII MTs Hifzhil Qur'an Medan Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara

Wahyuni, Rina (2020) Pengaruh Aktivitas Menghafal Alquran Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Di Kelas VIII MTs Hifzhil Qur'an Medan Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi rina pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) seberapa besar pengaruh tingkat aktivitas menghafal Alquran (2) Kecerdasan Spiritual siswa (3) Pengaruh yang signifikan antara aktivitas menghafal Alquran dengan kecerdasan spiritual siswa di kelas VIII MTs Hifzhil Qur‟an Medan Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII 1-8 di MTs Hifzhil Qur‟an Medan Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara berjumlah 235 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Random dimana yang dijadikan sampel adalah 36 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment.menggunakan program SPSS for Window 20 Verson. Dalam penelitian ini, analisis menunjukkan bahwa aktivitas menghafal Alquran dengan kecerdasan spiritual di kelas VIII MTs Hifzhil Qur‟an Medan Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara berada dalam kategori agak rendah. Hal ini ditandai dengan hasil perhitungan Product Moment yaitu 0,550 dan signifikan sebesar 0,000. Rhitung ≥ rtabel = 0,550 ≥ 0,329. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada hubungan yang signifikan antara aktivitas menghafal Alquran dengan kecerdasan spiritual siswa di kelas VIII MTs Hifzhil Qur‟an Medan Yayasan Islamc Centre Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:43
Last Modified: 23 Jun 2021 03:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item View Item