Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Mentoring Di Badan Kenaziran Musala Al Farabi SMA Negeri 2 Medan

Arafah, Fahmi (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Mentoring Di Badan Kenaziran Musala Al Farabi SMA Negeri 2 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FAHMI ARAFAH PAI-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses interalisasi nilai-nilai agama Islam serta impliksi dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan mentoring di Badan Kenaziran Musala Al-Farabi SMA Negeri 2 Medan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observatif, wawancara (interview) dan juga dokumentasi dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan dan melukiskan data yang diperoleh. Dari hasil yang didapat, proses penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan mentoring di BKM Al-Farabi SMA Negeri2 Medan menggunakan dua cara yaitu langsung dan tidak langsung. Cara langsung bisa menggunakan beberapa cara diantaranya pembiasaan, keteladanan, pengawasan. Sedangkan cara tidak langsung melalui pemberian pengetahuan kegamaan di kelas. Untuk menuai hasil yang lebih maksimal pada proses internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui beberapa tahapan yaitu pertama, tahapan pemberian pengetahuan dan pemahaman, disini anak diberi pengetahuan secara teori tentang keagamaan dan pemberian pemahaman dengan penanaman keyakinan kepada siswa. Kedua, tahap pembiasaan merupakan proses membiasakan diri melalui pengalaman langsung. Ketiga, tahap transinternalisasi merupaka proses dimana anak bisa memperlihatkan karakter baik dalam lahirnya dan juga fisiknya yang sesuai ajaran Islam. Keempat, kebutuhan, disini anak sudah tumbuh kesadaran yang tinggi untuk melakukan sesuatu tinggi. Kelima, tahap evaluasi melihat sejauh mana pengetahuan keagamaan dan perilaku anak serta implikasi internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter melalui kegiatan Mentoring di BKM Al-Farabi SMA Negeri 2 Medan dapat membantu para siswa untuk lebih mudah menghayati nilai agama Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:01
Last Modified: 22 Jun 2021 07:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11724

Actions (login required)

View Item View Item