Implementasi Peraturan Daerah Kota Medan No. 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Pasar Sukaramai Kecamatan Medan Area)

Apriana, Anisa (2021) Implementasi Peraturan Daerah Kota Medan No. 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Pasar Sukaramai Kecamatan Medan Area). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI ANISA APRIANA SIDANG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kebijakan Peraturan Daerah Kota Medan No. 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan, serta apa saja yang membuat Peraturan Daerah Kota Medan ini tidak berjalan sesuai dengan peraturan tersebut dan prespektif Siyasah Dusturiyyah terhadap peraturan tersebut. Rumusan masalah pada skripsi ini ialah, Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kota Medan No. 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Pasar Sukaramai, Bagaimana Hubungan Siyasah Dusturiyah Terhadap Peraturan Daerah No.6 Tahun 2015 Mengenai Kebersihan. Dalam penelitian ini penulis mengamati secara langsung tidak terealisasikan Peraturan yang dibuat oleh Pemerintah. Peraturan yang dikeluarkan pada tanggal 19 Oktober 2015 merupakan peraturan yang lama, namun pembuangan sampah yang terjadi di daerah pasar sukaramai ini masih terlihat ada, tidak berjalan dan tidak ada tindakan dari pihak pemerintah untuk mengatasi masalah sampah ini. Dalam prespektif siyasah dusturiyah yang membahas tentang perundang-undangan Negara dan mengatur hubungan timbal balik antara Pemerintah dengan warga Negara serta hak-hak warga yang wajib dilindungi. Dan tidak berjalannya Peraturan itu di jalan A.R. Hakim (Pasar Sukaramai) yang membuat masyarakat sekitarnya merasakan keberatan terhadap penumpukan sampah di sepanjang jalanan, yang di lakukan oleh para pedagang dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris atau pendekatan yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang ada dengan melihat langsung ke lapangan, dan pendekatan ini juga dikenal dengan pendekatan secara sosiologis, dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi ke lapangan dan melakukan wawancara kepada orang yang menumpuk sampah dan masyarakat yang berada di kawasan pasar sukaramai tersebut. Dengan dilengkapi data primer yang di peroleh langsung di lapangan dan dari data skunder yang bersangkutan. Dalam pembahasan ini, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa belum terealisasikan atau tidak berjalan maksimal pada Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Daerah, Kota Medan
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:59
Last Modified: 22 Jun 2021 06:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11723

Actions (login required)

View Item View Item