Tinjauan Fiqih Siyasah Terhadap Implementasi Permendes Nomor 3 Tahun 2015 Berdasarkan Peran Dan Fungsi Pendamping Desa Dalam Menunjang Pembangunan Desa (Studi Kasus Di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi)

Silaban, Budianto (2021) Tinjauan Fiqih Siyasah Terhadap Implementasi Permendes Nomor 3 Tahun 2015 Berdasarkan Peran Dan Fungsi Pendamping Desa Dalam Menunjang Pembangunan Desa (Studi Kasus Di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi.budianto silaban.0203161039.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Lapangan yang dilakukan di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran pendamping desa terhadap pembangunan desa dalam mengimplementasikan Permendes Nomor 3 Tahun 2015 tentang desa di desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu hulu kabupaten dairi, bagaimana fungsi pendamping desa dalam menunjang pembangunan desa berdasarkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2015 tentang pendamping desa Perspektif fiqih siyasah dan bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap Undang-undang Nomor 3 Tahun 2015 terkait peran dan fungsi pendamping desa di desa lae nuaha kecamatan siempat nempu hulu kabupaten dairi. Dalam penelitian ini penulis mentepkan peran dan fungsi pendamping desa dalam menunjang pembangunan desa sebagai sample penelitian. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan cara: Observasi (Pengamatan), Interview (Wawancara) dan Dokumentasi. Salah satu dalam mewujudkan kesejahteraan desa, peraturan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi dalam hal ini membentuk pendamping desa untuk mendampingi desa baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan terhadap pembangunan desa. Keberadaan pendamping desa sangatlah penting dalam mendampingi desa untuk mewujudkan kesejahteraan desa. Penyusun bertujuan untuk mengetahui Peran, Fungsi, dan kendala-kendala yg dialami pendamping desa dalam menunjang pembangunan yang ada di desa Lae Nuaha Kec. Siempat Nempu Hulu Kab. Dairi. Tentunya sangat menarik bagi penulis untuk meneliti khususnya dalam pendampingan desa, pemerintah bekerja sama dengan pendamping desa serta pendamping desa bekerja sama dengan Masyarakat yang ada di Desa Lae Nuaha Kec. Siempat Nempu Hulu Kab. Dairi. Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2015 tentang pendamping desa, adanya pendamping desa dapat diketahui apakah sesuatu berjalan dengan rencana atau sesuai dengan intruksi yang di telah ditentukan. Dapat diketahui kelebihan dan kelemahan dalam bekerja serta dapat diketahui juga apakah bekerja secara efektif atau tidak. Namun berdasarkan fakta yang ada dilapangan bahwa keberadaan pelaksanaan pendampingan desa belum maksimal dalam melaksanakan peran dan fungsinya sebagai pendamping desa, yaitu kurang cepatnya anggaran yg di berikan pemerintah provinsi kepada pemerintah kabupaten serta pemerintah kabupaten kepada pemerintah desa, kemudian kurangnya Fasilitas sehingga pendamping desa terkendala dalam melaksanakan peran dan fungsinya, dan komunikasi antara pendamping desa dengan masyarakat sehingga pembangunan yg ada di Desa Lae Nuaha Kec. Siempat Nempu Hulu Kab. Dairi. Tidak terpenuhi. Itulah sebabnya penulis tertarik untuk menulis Skripsi ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:15
Last Modified: 22 Jun 2021 04:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item