Peran Pemerintah Dalam Mensejahterakan Masyarakat Melalui Program Keluarga Harapan Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi)

Sagala, Mhd Fadhil (2021) Peran Pemerintah Dalam Mensejahterakan Masyarakat Melalui Program Keluarga Harapan Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi.pkh.mhd.fadhil.sagala.0203161040.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat melalui program keluarga harapan di desa lae nuaha kecamatan siempat nempu hulu kabupaten dairi, bagaimana efektivitas pelaksanaan program keluarga harapan di desa lae nuaha kecamatan sie mpat nempu hulu kabupaten dairi berdasarkan peraturan menteri sosial no 1 tahun 2018 tentang program keluarga harapan dan bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap peran pemerintah desa dalam mensejahterakan masyarakat mengenai program keluarga harapan dalam mensejahterakan masyarakat kurang mampu di desa lae nuaha kecamatan siempat nempu hulu kabupaten dairi. Dalam penelitian ini penulis menetapkan masyarakat penerima program keluarga harapan sebagai sample penelitiaan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan cara: Obervasi (pengamatan), Interview (Wawancara) dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realita peran pemerintah dalam melaksanakan program keluarga harapan guna mensejahterakan masyarakat di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi masih kurang sesuai. Pemerintah desa) di Desa Lae Nuaha menyatakan bahwa penyaluran bantuan sosial PKH sudah tepat sasaran kepada keluarga penerima manfaat. Namun, pada fakta dilapangan masih ditemukan masyarakat yang dinyatakan layak untuk mendapatkan bantuan PKH, namun sampai saat ini belum tersentuh oleh bantuan tersebut. Sedangkan dalam perspektif fiqh siyasah syar‟iyyah dan siyasah maliyah program Keluarga Harapan memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat sebagaimana yang di atur dalam Permensos No 1 Tahun 2018 Tentang Tentang Program Keluarga Harapan. Dalam hal tersebut sama dengan tujuan siyasah syar‟iyah yaitu membawa kemaslahatan bagi rakyat agar terhindar dari ke mudharatan. Siyasah syar‟iyah merupakan penentuan kebijakan pengurusan masalah kenegaraan yang berdasarkan syariat. Dan analisis dari siyasah maliyah Program pemerintah yang dikenal dengan Program Keluarga Harapan (PKH) yang di salurkan kepada masyarakat dianjurkan sekali karena merupakan wujud dan kepedulian pemerintah dalam hal mensejahterakan kehidupan rakyat. Jadi, peran pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat melalui program keluarga harapan belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Dimana, penyaluran daripada bantuan ini belum benar-benar terealisasi dengan baik, disebabkan masih ada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:43
Last Modified: 21 Jun 2021 07:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11712

Actions (login required)

View Item View Item