Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Kemandirian Dan Hubungan Interpersonal Siswa Di SMP N 5 Percut Sei Tuan

Simangunsong, Nursyahfitri (2020) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Kemandirian Dan Hubungan Interpersonal Siswa Di SMP N 5 Percut Sei Tuan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS NURSYAHFITRI. SIMANGUNSONG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Kemandirian dan Hubungan Interpersonal Siswa kelas VIII di sekolah SMP N 5 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen design nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa 8 sesi konseling kelompok. Kelompok kontrol tidak menerima perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMPN 5 Percut Sei Tuan tahun angkatan 2020 sebanyak 102 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang dengan skor kemandirian dan hubungan interpersonal berada dalam kategori rendah. Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah instrumen kemandirian dan hubungan interpersonal dengan empat pilihan dalam skala likert yang terdiri 42 butir pernyataan kemandirian dan 53 butir pernyataan hubungan interpersonal valid dengan reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha sebesar 0,813. Teknik analisis data statistik dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan mean empiris untuk melihat rata-rata skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Wilcoxon signed rank test, dengan membandingkan gain score dari pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0.000, yang berarti melaui hasil perhitungan tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa sig 0.000 < 0.05, Artinya peningkatan Kemandirian dan Hubungan Interpersonal Siswa Kelas VIII Di SMPN 5 Percut Sei Tuan kelompok treatment lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:33
Last Modified: 21 Jun 2021 07:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11710

Actions (login required)

View Item View Item