Efektivitas Pendistribusian Zakat Terhadap Mustahik (Study Kasus Di Baznas Kota Medan Tahun 2019 Dan 2020 Dalam Tinjauan Siyasah Maliyah)

Mutiara, Adena (2021) Efektivitas Pendistribusian Zakat Terhadap Mustahik (Study Kasus Di Baznas Kota Medan Tahun 2019 Dan 2020 Dalam Tinjauan Siyasah Maliyah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ADENA MUTIARA.pdf

Download (4MB)

Abstract

penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat kualitatif, yakni penelitian yang menjelaskan fakta yang terjadi di lapangan secara sistematis yang bertujuan menjawab pertanyaan mengenai bagaimana efektivitas pendistribusian zakat terhadap mustahik pada tahun 2019 dan 2020 di Baznas Kota Medan dalam tinjauan siyasah maliyah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan statue approach (pendekatan Undang-Undang) dalam hal ini UU yang penulis gunakan ialah UU No. 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat khususnya dalam pasal 26. Adapun pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara dengan pihak terkait yaitu ketua Baznas Kota Medan, bidang kepengurusan pendistribusian zakat Baznas Kota Medan, dan masyrakat penerima zakat pada tahun 2019 dan 2020 di Baznas Kota Medan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif yaitu menjelaskan hasil penelitian mengenai fakta yang terjadi di lapangan yang selanjutnya dianalisis berdasarkan pasal 26 UU Pengelolaan Zakat yang kemudian hasil analisisn tersebut dikaitkan dengan pandangan siyasah maliyah terhadap pengaplikasiannya dilapangan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh ialah bahwa pendistribusian zakat pada tahun 2019 dan 2020 di Baznas Kota Medan sudah dilakukan dengan efektif. Dikatakan efektif karena pendistribusian zakat pada tahun 2019 dan 2020 baik dari skala prioritas, prinsip pemerataan, prinsip keadilan, dan prinsip kewilayahan yang tertuang dalam pasal 26 UU pengelolaan zakat sudah diterapkan dengan baik dalam sistem pendistribusian zakatnya oleh pihak Baznas Kota Medan. Dengan penerapan yang efektif tersebut maka hal ini sesuai dengan tujuan dari UU pengelolaan zakat yakni untuk mewujudkan kesejahteraan mustahik sebagai penerima zakat. Jika kesejahteraan mustahik sebagai penerima zakat telah terwujud maka hal ini sesuai dengan prinsip siyasah maliyah yang mana pengaturannya di fokuskan untuk kemaslahatan umat dengan tujuan untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Sebab sejatinya jika pendistribusian zakat dilakukan secara efektif maka fungsi dari zakat untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan mustahik sebagai masyarakat penerima zakat dapat terwujud

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 18 Jun 2021 06:31
Last Modified: 18 Jun 2021 06:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11694

Actions (login required)

View Item View Item