Implementasi Surat Edaran Kementerian Agama No. 9 Tahun 2020 Tehadap Pelaksanaan Akad Nikah Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Kecamatan Bajenis Kota Madya Tebing Tinggi)

Larasati, Zeni (2021) Implementasi Surat Edaran Kementerian Agama No. 9 Tahun 2020 Tehadap Pelaksanaan Akad Nikah Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Kecamatan Bajenis Kota Madya Tebing Tinggi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi zeni.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Virus Covid 19 merupakan virus yang mematikan yang saat ini sedang beredar di Bumi. Virus yang bisa mengenai siapa saja. Pemerintah juga sudah melakukan lockdown dan mengurangi aktifitas di luar rumah guna mengurangi penyebaran virus covid 19 tersebut. Salah satunya aturan yang dikeluarkan oleh kementerian agama yang menerangkan bahwa ditiadakan akad nikah sementara sampai melihat keadaan bisa membaik dan juga meminta untuk menaati protokol yang sudah ditetapkan. Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan yang maha esa, dalam pasal 1 undangundang perkawinan No.1 tahun 1974 serta dalam KHI menerangkan bahwa tujuan utama dari sebuah perkawinan adalah untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah (pasal 2 dan 3). Banyak masyarakat yang tidak mengetahui surat edaran yang dikeluarkan oleh kementerian agama. Dari permasalahan tersebut penulis menarik rumusan masalah, yaitu : 1) Bagaimana ketentuan isi Dirjen Bimas SE No : P-003/DJ.III /HK.007/04/2020 ?. 2) Bagaimana pelaksanaan akad nikah di masa pandemi covid 19 di Kecamatan Bajenis Tebing Tinggi ?. 3) Bagaimana pandangan KUA dan masyarakat terhadap SE Kementerian Agama No. 9 tahun 2020 terhadap pelaksanaan akad nikah selama pandemi covid 19? Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan dengan pendekatan normatif empiris. Untuk mendapatkan data tersebut, maka penyusun menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul di analisis secara kualitatif dengan metode deskriftif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Jun 2021 14:12
Last Modified: 13 Jun 2021 14:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11683

Actions (login required)

View Item View Item