Pengaruh Pajak Penghasilan, Earning Power dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019

Sembiring, Dandi Pratama (2020) Pengaruh Pajak Penghasilan, Earning Power dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
12. Skripsi Dandi fix REVISIAN (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan utnuk melihat pengaruh pajak penghasilan, earning power dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di BEI. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah turunnya nilai manajemen laba yang diikuti oleh turunnya pajak penghasilan, turunnya earning power dan naiknnya profitabilitas. Populasi dalam peneelitin ini adalah laporan keuangan tahunan perusahaan perkebunan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019 dan sampel yang digunakan adalah perusahaan perkebunan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purpusive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dimana earning power diproksikan net profit margin (NPM) dan profitabilitas diproksikan dengan return on asset (ROA) serta pajak penghasilan sebagai variabel independen dan manajemen laba proksikan dengan discreationary accruals sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pajak penghasilan berpengaruh negatif dengan tingkat signifikan sebesar -2,624 dengan signifikan 0,000 terhadap manajemen laba. Begitu juga dengan profitabilitas menunjukkan secara parsial pengaruh positif dan signifikan sebesar 3,168 dengan tingkat signifikan 0,02 terhadap manajemen laba. Sedangkan earning power berpengaruh negatif dan tidak signifikan sebesar -1,410 dengan tingkat signifikan 0,164 terhadap manajemen laba. Secara simultan pajak penghasilan, earning power dan profitabilitas berpengaruh signifikan sebesar 11,131 dengan tingkat signifikan 0,000 terhadap manajemen laba. Dari hasil koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan pengaruh pajak penghasilan, earning power dan profitabilitas berpengaruh sebesar 0,354 terhadap manajemen laba. Ini menunjukkan bahwa sebesar 35,4% manajemen laba dipengaruhi oleh pajak penghasilan, earning power dan profitabilitas. Sedangkan 64,6% sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pajak Penghasilan, Earning Power, Profitabilitas, Manajemen Laba
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 11 Jun 2021 05:28
Last Modified: 11 Jun 2021 05:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11678

Actions (login required)

View Item View Item