Implementasi Proses Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Modren Daar Al Ulumm Kisaran

Fitriah, Fitriah (2020) Implementasi Proses Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Modren Daar Al Ulumm Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
TESIS_FITRIAH[1].pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang gairahnya santri mengikuti proses pembelajaran kitab kuning, kurangnya pemahaman santri terhadap pelajaran kitab kuning, tidak fokusnya dalam mengikuti proses pembelajaran, terdapat santri yang masih tidur, bercerita dan tidak mendengarkan ustadz/ustadzahnya dalam menyampaikan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pembelajaran kitab kuning di Yayasan Pesantren Modren Daar Al Ulumm Kisaran (2)untuk mengetahui metode pembelajaran kitab kuning di Yayasan Pesantren Modren Daar Al Ulumm Kisaran (3) untuk mengetahui cara menilai hasil belajar kitab kuning di Yayasan Pesantren Modren Daar Al Ulumm Kisaran (4) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru dalam membelajarkan kitab kuning (5) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami siswa dalam mempelajari kitab kuning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dalam analisis data menggunakan analisis data kualitatif model interaktif san Miles dan Huberman, yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran kitab kuning di Pesantren Modren Daar Al Ulumm Kisaran dilaksanakan pada pagi hari didalam kelas masing-masing. Pembelajaran kitab kuning dilakukan sesuai jadwal mata pelajaran yang telah disusun sekolah. (2) metode yang digunakan adalah metode bandongan, santri memberikan makna pada kitab kuningnya sesuai yang disampaikan oleh ustadz/ustadzahnya, dan penggunaan media pembelajaran tergantung dari materi yang akan disampaikan lain dengan pembelajaran kitab kuning ustadza/ustadzahnya hanya menggunakan buku paket atau kitab kuning, papan tulis dan ATK yang telah disediakan oleh sekolah. (3) evaluasi belajar santri menggunakan teknik tes, dilaksanakan ujian tengah semester dan akhir semester. Selain itu ustadz/ustadzah mengujinya santri membaca kitab kuning didepan para ustadz/ustadzah yang lain. (4) faktor pendukung, yang dialami guru ustadz/ustadzahnya sesuai dengan latar belakang pendidikannya, perpustakaan menyediakan buku-buku yang dibutuhkan santri, santri diberikan buku paket, lingkungan santri yang memadai. Faktor penghambat yang dialami guru, santri masih belum paham tentang dasar pembelajaran kitab kuning, atribut sekolah yang belum memadai, santri belum berani mengulang materi. (5) faktor pendukung yang dialami siswa, santri sudah diberikan kitab kuning sesuai kelas masing, perpustakaan sudah menyediakan kitab-kitab yang dibutuhkan, ustadz/ustadzah berada dilingkungan pesantren dan siap dijadikan tempat bertanya, fakor penghambat siswa, minimnya alokasi waktu pembelajaran kitab kuning, minimnya pengetahuan santri ilmu dasar bahasa arab atau nahwu dan shorof, blackgroun pendidikan santri yang berbeda-beda.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Kitab Kuning, Pesantren Modern Daar Al-Uluum, Kisaran
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:52
Last Modified: 09 Jun 2021 07:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11660

Actions (login required)

View Item View Item