Manajemen Madrasah Dalam Upaya peningkatan Mutu Pendidikan Di MTS Nurul Ittihadiah LubukPakam

Afrilita, Yuni (2020) Manajemen Madrasah Dalam Upaya peningkatan Mutu Pendidikan Di MTS Nurul Ittihadiah LubukPakam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi_YUNI AFRILITA MPI pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MTS Nurul Ittihadiyah Lubuk Pakam, yang terdiri dari langkah-langkah kepala madrasah dan upaya peningkatan mutu pendidikan serta upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTS Nurul Ittihadiah Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan pendekatan bersifat kualitatif. Adapun mengapa peneliti menggunakan metode ini dikarenakan peneliti melihat dari segala aspek masalah yang diteliti dapat dikembangkan baik secara keilmiahan dan juga nantinya melihat situasi di lapangan. Karena dengan dilakukannya pendekatan ilmiah nantinya akan mendapatkan infromasi dan data-data yang lebih beragam Sumber informasi diambil dari kepala madrasah, staff tata usaha, guru dan murid. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi serta analisis data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah kepala madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengawasan serta pengelolaan manajemen mutu pendidikan, dan sistem pengelolaan di MTS Nurul Ittihadiah juga memuat 13 poin. 2) Upaya guru dalam meningkatkan mutu penddikan MTS Nurul Ittihadiah, melalui pemberdayaan guru, perencanan pengembangan karir, penata kelolaan penilaian prestasi kerja guru, serta memperkokoh fungsi dan peran guru. Salah satu fungsi dan peran guru, sebagai pendidik dan pengajar guru harus mampu mendidik dan mengajar apabila mempunyai kestabilan emosi, memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk memajukan anak didik, bersikap realistis, jujur, terbuka dan peka terhadap perkembangan terutama terhadap inovasi pendidikan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 18 Jun 2021 05:39
Last Modified: 18 Jun 2021 05:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

View Item View Item