Pengaruh DPK, NPF Dan Fee Based Income Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Dengan Pembiayaan Sebagai Variabel Intervening

Setyawati, Eka (2020) Pengaruh DPK, NPF Dan Fee Based Income Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Dengan Pembiayaan Sebagai Variabel Intervening. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY EKA SETYAWATI 3004183035.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tantangan Bank Syariah untuk memajukan perekonomian di Indonesia sangat besar. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal perbankan syariah harus memperhatikan kemampuan bank-bank tersebut agar lebih meningkat dan menjadi bank yang sehat dalam bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh DPK, NPF, dan Fee Based Income terhadap Profitabilitas Bank Syari’ah dengan Pembiayaan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari periode 2010-2019 pada bank syariah. Adapun tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat untuk mengolah datanya menggunakan SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPK secara langsung berpengaruh signifikan terhadap variabel Pembiayaan, dan NPF secara langsung tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap Pembiayaan. Sedangkan DPK secara langsung terdapat pengaruh yang tidak signifikan terhadap variabel Profitabilitas, NPF secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas, dan Fee Based Income secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan variabel Pembiayaan secara langsung tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Profitabilitas. Selanjutnya DPK secara tidak langsung tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Profitabilitas melalui Pembiayaan. Dan variabel pembiayaan tidak dapat memediasi pengaruh variabel DPK terhadap profitabilitas. NPF secara tidak langsung mempunyai pengaruh signifikan terhadap Profitabilitas melalui Pembiayaan. Dan variabel pembiayaan dapat memediasi pengaruh variabel NPF terhadap profitabilitas.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Jun 2021 05:25
Last Modified: 07 Jun 2021 05:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item