Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran Tahun 2019

Sirait, Mira (2019) Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mira Sirait.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran, dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran yang berjumlah 84 orang, dengan sampel penelitian berjumlah 32 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala yang berisikan pernyataan dengan 4 pilihan jawaban dan dokumentasi buku laporan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keharmonisan keluarga pada siswa kelas XI SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran kategori sangat tinggi sebanyak 50%, kategori tinggi sebanyak 25%, kategori sedang sebanyak 12,5%, dan kategori rendah sebanyak 12,5%. 2) Prestasi belajar pada siswa kelas XI SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran kategori sangat tinggi sebanyak 18,75%, kategori tinggi sebanyak 32,1%, kategori sedang sebanyak 25%, dan kategori rendah sebanyak 25%. 3) Hubungan keharmonisan keluarga memiliki korelasi positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMKS Muhammadiyah 5 Kisaran karena diketahui rxy = 0,900 dengan 0,000 < 0,01. Dan nilai thitung ≥ dari ttabel, atau ≥ 2,042, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang sangat signifikan. Dengan ditemukan angka signifikan, maka hipotesis penelitian ini berbunyi ada hubungan antara keharmonisan keluarga dengan pretasi belajar siswa diterima. Semakin harmonis keluarga maka akan semakin meningkat prestasi belajar siswa, begitu pula sebaliknya semakin tidak harmonis keluarga maka akan semakin menurun prestasi belajar siswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:36
Last Modified: 03 Jun 2021 07:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item View Item