Hasan, Hafis (2020) Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Peserta Didik Di MTs 16 Perbaungan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi_Hafis Hasan_0307163109.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh manajemen kesiswaan terhadap prestasi peserta didik di MTs 16 Perbaungan. Adapun yang menjadi indikator untuk veriabel manajemen kesiswaan meliputi penerimaan peserta didik, Osis, dan Ekstrakulikuler, sedangkan indikator untuk variabel prestasi peserta didik meliputi aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner. Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan sebaran skor yang berada pada kelas rata-rata variabel Manajemen Kesiswaan (X) sebanyak 14 orang (17.07%) berada di bawah rata-rata kelas, 4 orang (4,88%) berada pada ratarata kelas dan sebanyak 64 orang (78,5) di atas rata-rata. Sebaran skor variabel Prestasi Peserta Didik (Y) sebanyak 20 orang (24.39%) berada dibawah ratarata kelas interval, 6 orang (7.32%)berada pada rata-rata kelas interval dan sebanyak 54 orang (65.8%) di atas rata-rata. Menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara variabel Manajemen Kesiswaan (X) dengan Prestasi Peserta Didik (Y) sebesar 0.129 dengan koefisien determinasi (r2 ) yang diperoleh dari hasil perhitungan sebesar 0.017 yang memberikan makna bahwa Manajemen Kesiswaan (X) memberikan hubungan rendah sebesar 0.017x 100 % = 1,7 % terhadap Prestasi Peserta Didik (Y). Berdasarkan analisis yang dilakukan di atas, diketahui bahwa hipotesis yang diajukan di terima dan telah teruji secara empiris. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa terdapat penngaruh sangat lemah dan signifikan antara Manajemen Kesiswaan (X) dengan Prestasi Peserta Didik (Y) sebesar 0.129dengan koefisien determinasi (r2) yang diperoleh dari hasil perhitungan sebesar 0.017 yang memberikan makna bahwa Manajemen Kesiswaan (X) memberikan pengaruh sangat lemah sebesar 0,017 x 100 % = 1,7 % terhadap Prestasi Peserta Didik(Y). Selanjutnya untuk menentukan signifikansi pengaruh keduanya (Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Peserta Didik) dapat dilihat melalui uji „t”. Melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh thitung = 3,004 sedangkan nilai t tabel = 2,028. Oleh karena thitung (3,004) > ttabel (2,048), hal ini menunjukkan bahwaterdapat iv pengaruh yang rendah namun signifikan antara variabel Manajemen Kesiswaan terhadap Prestasi Peserta Didik dengan bentuk hubungan linier melalui garis regresi Ῠ = 76,296 + 0,017 X. persamaan garis regresi ini menjelaskan bahwa jika faktor Manajemen Kesiswaan meningkat sebesar satu unit maka Prestasi Peserta Didik juga akan meningkat sebesar 76,296 + (0.017) = 10,747 satuan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 00:52 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 00:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11631 |
Actions (login required)
View Item |