Analisis Kontribusi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pematangsiantar (Studi Kasus Pada Kantor Bersama Samsat/UPPD Pematangsiantar)

Dilla, Anggun Citra (2020) Analisis Kontribusi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pematangsiantar (Studi Kasus Pada Kantor Bersama Samsat/UPPD Pematangsiantar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
fix cetak skripsi anggun (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kantor Bersama Samsat/UPPD Pematangsiantar merupakan suatu instansi atau lembaga Pemerintah yang memiliki tugas pokok meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pemilik kendaraan bermotor yang berdomisili di daerah Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun 2015-2019 di Kota Pematangsiantar, menganalisa bagi hasil penerimaan Pajak Kendaraaan Bermotor untuk Kota Pematang Siantar dan menganalisa kontribusi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2015-2019 di Kota Pematangsiantar.Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penelitian kepustakaan, dokumentasi dan wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan fenomena-fenomena yang ada di lokasi penelitian.Hasil dari penelitian ini adalah penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor untuk Kota Pematangsiantar setelah dibagi hasil pada tahun 2015-2019 mengalami naik turun dan tidak mencapai target Pendapatan Asli Daerah setiap tahunnya. Tidak mencapai target dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya kesadaran masyarakat Kota Pematangsiantar dalam membayarkan Pajak Kendaraan Bermotornya dan ekonomi masyarakat yang tidak selalu stabil dan berdasarkan perhitungan rumus kontribusi dapat diketahui bahwa Pajak Kendaraan Bermotor memberikan kontribusi yang cukup baik, walalupun mengalami naik turun sejak tahun 2015-2019. Kontribusi yang diberikan untuk Pendapatan Asli Daerah Kota Pematangsiantar tidak terlalu besar karena Pajak Kendaraan Bermotor merupakan Pajak Provinsi dimana Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten hanya menerima 30% dari Pajak Kendaraan Bermotor yang telah dipungutnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:45
Last Modified: 02 Jun 2021 06:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11630

Actions (login required)

View Item View Item