Dampak Penjualan Pakaian Bekas Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Di Pasar Sambu Kota Medan Dalam Prespektif Ekonomi Islam

Padillah, Isma (2021) Dampak Penjualan Pakaian Bekas Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Di Pasar Sambu Kota Medan Dalam Prespektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ISMA PADILLAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penjualan pakaian bekas terhadap tingkat pendapatan pedagang dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penjualan pakaian bekas terhadap tingkat pendapatan pedagang di Pasar Sambu Medan serta untuk mengetahui pandangan ekonomi islam terhadap penjualan pakaian bekas tersebut. Peelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Pasar Sambu di Jalan Sutomo Kota Medan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak penjualan pakaian bekas terhadap tingkat pendapatan pedagang sangat berpengaruh terhadap tingkat perekonomian pedagang, usaha pedagang pakaian bekas dapat membantu roda perekonomian masyarakat kecil, dan membatu masyarakat menengah kebawah untuk mendapatkan pakaian bermerek dan harga yang sangat terjangkau. Faktor penghambat dalam pejualan pakaian bekas terhadap tingkat pendapatan pedagang adalah pandemi covid-19, larangan pemerintah dan keluhan dari pelanggan. Dan jika ditinjau dari presfektif ekonomi islam jual beli di Pasar Sambu di perbolehkan, karena dengan berdagang pakaian bekas dapat membantu kebutuhan dan meningkatkan ekonomi meskipun pemerintah dengan undang-undang tersebut melarang impor pakaian bekas akan tetapi masih lebih besar manfaatnya dari pada mudaratnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 May 2021 04:16
Last Modified: 31 May 2021 04:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11616

Actions (login required)

View Item View Item