Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Industri Kecil Kue Gelang Di Kecamatan Tanjung Balai Selatan Kelurahan Pantai Burung

Siregar, Ahmad Roqib (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Industri Kecil Kue Gelang Di Kecamatan Tanjung Balai Selatan Kelurahan Pantai Burung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi ( ahmad roqib siregar).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam melaksanakan produksi membutuhkan faktor-faktor yakni Modal, Bahan Baku, dan tenaga Kerja. Namun pada kondisi tertentu ada terdapat ketidaksesuaian antara faktor tersebut sehingga menyebabkan biaya besar, namun hasil produksi tidak mencapai target yang diharapkan. Maka perlu dilaksanakan penelitian terkait produksi dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh modal, bahan baku dan tenaga kerja, terhadap produksi industri kecil kue gelang secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan peelitian kuantitaif dengan melakukan pengujian statistik kepada data Produksi, Modal, bahan Baku, dan Tenaga Kerja. Pengolahan menggunakan Aplikasi SPSS 23 dengan metode analisis deskriptif dan statistik. Hasil penelitian ini adalah didapatkannya persamaan regresi berganda yakni Y = 904,406+ 0.052X1+ 0.038X2- 0.389X3. Nilai Koefisien Determinasi yang didapatkanlah adalah 89,6%. Nilai signifikan t pada Modal adalah 0.015. Modal (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah produksi (Y) kue gelang. Sehingga jika ketersediaan modal meningkat, maka produksi juga akan meningkat. Bahan Baku (X2) berpengaruh berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah produksi (Y) kue gelang. Sehingga jika nilai Bahan Baku meningkat , maka akan memberikan pengaruh pada peningkatan produksi yang meningkat. Tenaga Kerja (X3) tidak berpengaruh terhadap jumlah Produksi (Y) kue gelang. Hal ini disebabkan jumlah tenaga kerja mengikuti ketersediaan bahan baku dan modal. Jika bahan baku dan modal terbatas, walaupun tenaga kerja meningkat maka produksi tidak akan meningkat. Modal (X1), Bahan Baku (X2), dan Tenaga Kerja (X3) berpengaruh secara simultan terhadap Produksi (Y) kue gelang. Hal ini bermakna jika pada saat bersamaan ketiga variabel independen meningkat, maka akan menyebabkan produksi ikut meningkat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 May 2021 03:44
Last Modified: 31 May 2021 03:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11612

Actions (login required)

View Item View Item